Yandex

Terkini Nasional

Abdul Halim Iskandar sebut BLT Desa Telah Dicairkan 8.157 Desa

Senin, 27 April 2020 18:55 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, mengatakan sebanyak 8.157 desa dari 76 kabupaten telah mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp70 miliar.

"Pencairan dana ini ada yang berupa tunai, cash less atau tidak secara tunai. Sesuai dengan kondisi daerahnya," ucap Abdul dalam konferensi virtual, Senin (27/4/2020).

Ia menambahkan, untuk yang tidak secara tunai dananya akan ditransfer langsung kerekening pribadi calon penerima bantuan. Sedangkan yang tunai, menggunakan metode door to door atau rumah ke rumah.

"Untuk yang door to door ini tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada, untuk yang transfer tentu lebih terjamin keamanan dan kesehatannya karena tidak kontak langsung," kata Abdul.

Abdul juga menjelaskan, besaran dana yang diterima adalah Rp600 ribu per bulan dengan skema sampai dengan tiga bulan kedepan, jadi total mendapat Rp1,8 juta.

"Sasaran penerima bantuan ini adalah masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya akibat wabah virus corona atau Covid-19. Tetapi, untuk masyarakat yang sudah terdaftar di jaring sosial skala nasional, itu tidak mendapatkan BLT ini," kata Abdul.

"Jadi kalo yang sudah mendapatkan bantuan pangan non tunai, kartu pra kerja, dan sudah masuk program penanggulangan kemiskinan (PKH) itu tidak menerima. Hal ini agar tidak ada tumpang tindih, dalam bantuan tersebut," lanjut Abdul.

Selain itu Abdul mengajak para kepala daerah, mulai dari bupati, wali kota, hingga kepala desa untuk tidak mempersulit penerima BLT untuk mendapatkan haknya.

"Saya harap kepala daerah menempatkan kemanusiaan di atas segalanya, karena situasi ini sangatlah menyulitkan dan ada hak mereka yang harus dipenuhi" kata dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mendes: Hingga Hari ini BLT Dana Desa Telah Dicairkan 8.157 Desa

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved