Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Viral Kuitansi Ambulans untuk Pasien Covid-19 yang Meninggal, Dinkes Tangerang Beri Tanggapan

Kamis, 16 April 2020 13:31 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kabar mengenai biaya ambulans untuk mengangkut jenazah korban corona COVID-19 beredar di media sosial.

Informasi tersebut awalnya beredar melalui media sosial Facebook dari akun Asep Suparman pada Selasa 15 April 2020.

Ia mengunggah foto-foto pengataran jenazah yang meninggal akibat Covid-19 di kawasan Ciledug, Kota Tangerang.

Dalam unggahannya tersebut tampak beberapa petugas kesehatan lengkap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) beserta petugas kepolisian mengantar jenazah ke rumah keluarga.

Namun, pihak keluarga ternyata dipungut untuk biaya pengantaran jenazah Covid-19 oleh rumah sakit swasta yang berada di Kota Tangerang itu.

Pihak keluarga pasien yang dibebankan biaya pemakaman sebesar Rp15 juta menyatakan kecewa dengan Pemerintah Kota Tangerang.

"Ada korban meninggal di sebabkan kena Covid-19 di salah satu RS swasta di Kota Tangerang. Kemudian keluarga korban dikenakan biaya ambulance, peti jenazah, pendamping tenaga yang memakai alat APD sekitar ada 4 orang sejumlah Rp15 juta," penggalan tulisan Asep Suparman di Facebook milliknya.

Jelas pula terlihat sebuah foto kuitansi yang menunjukan nominal pembayaran yang harus dilunaskan kepada pihak keluarga.

Dikutip dari Tribunnews, kuitansi tersebut dikeluarkan oleh Tangerang Ambulance Service, jasa pelayanan ambulans 24 jam.

Pihak Pemerintahan Kota Tangerang pun angkat bicara soal pungutan biaya pemulangan jenazah korban Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi menjabarkan Pemkot telah mengeluarkan kebijakan bahwa seluruh biaya pemulasaran dan pemakaman serta mobil jenazah bagi pasien Covid-19 di Kota Tangerang tidak dipungut biaya.

Saat ini Pemkot Tangerang telah menyiapkan surat teguran bagi rumah sakit yang tidak mengindahkan keputusan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang tersebut.

(Tribun-video.com/ Rena Laila)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Keluarga Kecewa Antar Jenazah Korban Corona Dipungut Biaya Rp15 Juta dan Tanggapan Dinkes Tangerang

Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Kharis Ardiyansah
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved