Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Jokowi Pertimbangkan Ganti Libur Nasional Lebaran agar Warga Tetap Bisa Mudik

Kamis, 2 April 2020 12:41 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo mengusulkan mengganti jadwal mudik di hari libur nasional setelah Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu diusulkan Jokowi untuk menenangkan masyarakat yang berpotensi tak bisa mudik di tengah wabah Covid-19.

"Saya melihat ini untuk mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat. Mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya. Ini mungkin bisa dibicarakan," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas soal mudik melalui sambungan konferensi video, Kamis (2/4/2020).

Presiden Joko Widodo melalui sambungan konferensi video pada Kamis (2/4/2020) membuka wacana mengganti libur hari raya Idulfitri ke hari lainnya.

Langkah ini untuk menekan angka masyarakat mudik di tengah penyebaran virus Corona.

Jokowi tak menyebutkan secara rinci perihal alternatif pengganti libur nasional tersebut.

Kendati demikian, ia juga mengusulkan nantinya pada hari libur pengganti mudik itu, pemerintah akan menyediakan fasilitas dan infrastruktur khusus mudik sebagaimana dilaksanakan di kala mudik Lebaran.

Dari rencana itu, Presiden juga meminta agar tiap daerah menggratiskan tempat wisata milik daerah saat hari libur pengganti. Antisipasi ini menurutnya akan memberikan ketenangan di masyarakat.

Dikutip dari Kompas.com, sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan, pemerintah tengah merampungkan peraturan pemerintah (PP) terkait mudik.

PP itu akan mengatur pergerakan orang saat pulang kampung untuk mencegah penyebaran Covid-19.

PP tersebut, akan memperkuat imbauan pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"PP-nya sedang dirumuskan mungkin dua hari lagi tentang masalah mudik itu," ujar Ma'ruf dalam konferensi pers melalui video conference, Selasa (31/3/2020).

(Tribun-video.com/ Rena Laila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi akan Ganti Libur Nasional Lebaran agar Warga Tetap Bisa Mudik"

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Bintang Nur Rahman
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved