Yandex

Tribunnews Update

Cegah Penyebaran Corona di Dalam Penjara, 30.000 Narapidana akan Dibebaskan Lebih Cepat

Rabu, 1 April 2020 14:22 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sekitar 30.000 narapidana dewasa dan anak akan keluar penjara lebih cepat dari waktu yang seharusnya akibat penyebaran virus Corona atau penyakit Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan keputusan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly dengan maksud untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam penjara.

Satu pertimbangan pembebasan lebih cepat yakni lantaran tingginya tingkat hunian di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Indonesia yang rentan terhadap penyebaran virus.

Dikutip dari Kompas.com, Ketentuan itu diatur dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM bernomor M.HH-19.PK/01.04.04 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Syarat yang harus dipenuhi bagi narapidana dan anak untuk dapat keluar melalui asimilasi adalah telah menjalani 2/3 masa pidana pada 31 Desember 2020 mendatang bagi narapidana dan telah menjalani 1/2 masa pidana pada 31 Desember 2020 mendatang bagi anak.

Sementara, syarat untuk bebas melalui integrasi (pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, dan cuti menjelang bebas) adalah telah menjalani 2/3 masa pidana bagi narapidana dan telah menjalani 1/2 masa pidana.

Namun pembebasan tersebut hanya berlaku pada narapidana dan anak yang tidak terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, tidak sedang menjalani subsider, dan bukan warga negara asing.

Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nugroho menegaskan, narapidana dan anak yang terkait PP Nomor 99 Tahun 2012 tidak akan diusulkan asimilasi dan hak integrasi tersebut, termasuk narapidana kasus korupsi dan terorisme.

"Ini hanya untuk Narapidana/Anak yang tidak terkait kasus terorisme, narkotika psikotropika, korupsi, kejahatan HAM berat, dan kejahatan transnasional terorganisasi, warga negara asing," kata Nugroho.

(Tribun-Video.com/Nila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembebasan 30.000 Narapidana akibat Wabah Virus Corona"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Nila
Video Production: Desy Noormawati Amalia
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved