Yandex

Hoax or Fact

Fact: Pasar Hewan di China Kembali Dibuka saat Wabah Corona Terus Menyebar di Dunia?

Rabu, 1 April 2020 11:27 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Ketika pandemi Covid-19 terus menyebar di seluruh belahan dunia, beredar kabar bahwa China telah membuka kembali pasar hewan yang terkenal sebagai tempat Virus Corona berasal.

Kira-kira gimana ya kebenarannya? Yuk cek faktanya.

Ketika dunia sedang berperang dengan wabah Covid-19, beredar kabar bahwa China telah membuka kembali pasar hewan yang terkenal sebagai tempat Virus Corona berasal.

Setelah ditelusuri kabar tersebut benar adanya.

Dilansir International Business Times, padahal China menyatakan larangan langsung dan permanen pada perdagangan dan konsumsi satwa liar sejak bulan Januari dan Februari 2020, setelah tekanan besar dari negara lain untuk mengakhiri perdagangan hewan eksotis.

Namun, tampaknya China telah membuka kembali beberapa pasar hewan yang berpotensi mengekspos dunia terhadap wabah mematikan lainnya di masa depan.

Dijelaskan, ketika kasus baru Virus Corona terus menurun di China, Daily Mail melaporkan bahwa pasar hewan tersebut telah dibuka kembali di seluruh negeri.

Menurut publikasi itu, di salah satu pasar yag terletak di kota Gulin, China Selatan, menjual daging kucing dan anjing sementara kelinci dan bebek disembelih di lantai batu yang kotor.

Di pasar lain di Dongguan, seorang penjual mengiklankan penjualan kelelawar, kalajengking, ular, kadal, dan hewan liar eksotis lainnya meskipun menyadari sepenuhnya bahwa kelelawar dan trenggiling diidentifikasi sebagai pembawa virus Covid-19.

Tak hanya itu, reporter Dongguan mencatat bahwa pasar beroperasi seperti dulu sebelum wabah Virus Corona, dengan pengecualian yakni sekarang penjaga keamanan tidak mengizinkan orang untuk mengambil gambar.

(Tribun-Video.com/ Rusintha)

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Rusintha Mahayusanty N
Video Production: Dita Dwi Puspitasari
Sumber: Tribun Video
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved