Yandex

Hoax or Fact

Hoax: Masukan Amoxicillin ke Dalam Tandon Dapat Tangkal Virus Corona

Selasa, 31 Maret 2020 18:45 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Wabah Virus Corona membuat resah banyak orang.

Di tengah kondisi saat ini, beredar kabar di media sosial bahwa meletakkan dua biji obat Amoxicillin ke dalam tandon air di rumah dapat menangkal Virus Corona.

Kabar yang beredar itu berupa foto dua box Amoxicillin.

Dalam keterangannya, tertulis "pesan dari habib ja'far bin Muhammad bin hamid, dengan menaruh dua biji obat amoxicillin ke dalam tandon air di rumah."

Pesan itu juga mengatasnamakan Luhut Binsar Pandjaitan dan sudah dilaksanakan di rumah Kepresidenan dan dinas lain-lain.

Setelah ditelusuri kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

Terkait dengan kabar yang viral di media sosial itu, seorang dokter yang bertugas di RSUD Wonosari, Dr. Irfan Helmi Nugroho, memberikan sanggahannya melalui akun Twitter resminya @helmihelmi.

Dr. Helmy mengatakan bahwa kabar tersebut hoaks, pasalnya Amoxicillin merupakan obat antibakteri dan pemakai seperti ini dapat meningkatkan resiko resistensi bakteri terhadap antibiotic tersebut, sehingga jika sakit tidak akan mempan lagi diobati dan juga dapat membunuh flora normal.

Amoxicillin merupakan antibiotic penisilin yang melawan bakteri, bukan virus.

Dikutip dari Drugs.com, Amoxicillin digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti tonsillitis, bronchitis, pneumonia, dan infeksi pada telinga, hidung, tenggorokan, kulit, atau saluran kemih.

Amoxicillin tidak akan mengobati infeksi virus seperti flu atau pilek. Namun, penggunaan antibiotic ini harus berdasarkan resep dokter untuk memastikan penggunaannya tepat untuk tubuh.

(Tribun-Video.com / Falza Fuadina)

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Falza Fuadina
Video Production: Bhima Taragana
Sumber: Tribun Video
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved