Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Kominfo Keluarkan Aplikasi Peduli-Lindungi yang Bisa Lacak Covid-19, Sudah Mulai Bisa Diunduh

Senin, 30 Maret 2020 13:02 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Tak lama setelah diumumkan, aplikasi PeduliLindungi untuk melacak penyebaran Covid-19, kini sudah bisa diunduh melalui situs yang beralamat di pedulilindungi.id.

PeduliLindungi adalah aplikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk meredam wabah Virus Corona di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, cara kerja aplikasi PeduliLindungi, mengandalkan partisipasi masyarakat untuk membagikan data lokasi saat bepergian agar penelusuran kontak dengan penderita Covid-19 bisa dilakukan.

Aplikasi PeduliLindungi akan mengumpulkan data yang diperlukan dari ponsel pengguna sambil mengaktifkan koneksi Bluetooth.

Ketika ada gadget lain dalam jangkauan Bluetooth yang juga terdaftar dalam PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran informasi yang direkam oleh masing-masing perangkat.

Selanjutnya, PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Aplikasi PeduliLindungi sekarang sudah tersedia di toko aplikasi Android Google Play Store.

Saat pertama kali dipasang, PeduliLindungi akan meminta nama lengkap dan nomor ponsel pengguna.

Kemudian, aplikasi ini juga membutuhkan akses ke layanan lokasi (GPS) dan Bluetooth perangkat.

(Tribun-Video.com/Nila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aplikasi Peduli-Lindungi untuk Melacak Covid-19 Sudah Bisa Diunduh"


Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Nila
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved