Yandex

HOT TOPIC

HOT TOPIC: Deretan Kabar Baik Tentang Virus Corona di Indonesia

Sabtu, 28 Maret 2020 16:13 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Hai Tribunners!

Kembali lagi dalam program Tribunnews Hot Topic, pada kesempatan kali ini kita akan membahas topik yang masih menjadi perhatian hingga saat ini yaitu adalah Virus Corona.

Dari akhir tahun 2019 sampai sekarang, jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 terus menanjak secara signifikan.

Bahkan Virus yang berasal dari Wuhan, China ini sudah dinyatakan sebagai pandemi global karena penyebarannya hampir ke seluruh negara di dunia.

Di Indonesia sendiri sampai pada Jumat (27/3/2020) pasien yang dinyatakan positif Virus Corona sudah hampir menyentuh angka 900 orang.

Untuk mengetahui informasi seputar infeksi Virus Corona memang dibutuhkan agar kita tetap waspada namun tak jarang justru menimbulkan kecemasan berlebihan.

Kecemasan itu membuat kita yang sebenarnya dalam kondisi sehat mendadak merasa memiliki tanda-tanda sakit Corona saat membaca gejala-gejala infeksi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, seorang psikiater dr. Andri menjelaskan bahwa fenomena itu sebenarnya adalah hal yang normal dan kerap disebut dengan reaksi psikosomatis tubuh.

Ia pun memberi cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan selama epidemi Covid-19 ini, antara lain adalah mengurangi membaca atau mendengar berita seputar Virus tersebut.

Lebih baik cukup membaca dari media yang terpercaya dan bukan dari aplikasi percakapan yang tidak diketahui kebenarannya.

Dan sekarang, inilah beberapa kabar baik mengenai Covid-19!

1. Pemerintah Sudah Memulai Tes Massal Covid-19 dari Wilayah yang Paling rawan yaitu Jakarta Selatan

Tes masif Covid-19 ini sudah dimulai sejak hari Rabu (23/3/2020) yang diberikan bagi sekitar 300 tenaga kesehatan dan karyawan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

RSHS dipilih lantaran sebagai rumah sakit rujukan utama penanganan wabah Covid-19 di Jabar.

Sementara rapid test dengan konsep drive-thru yang dilakukan bagi Kategori B dan C saat ini tengah dikoordinasikan dengan kabupaten/kota terkait sarana-prasarana, alat, maupun tenaga kesehatan yang akan melaksanakan.

Saat ini, RSHS juga sudah menyiapkan Gedung Anggrek Lantai 1 hingga Lantai 5 untuk sarana penanganan Covid-19.

Rinciannya, kapasitas untuk menampung pasien Covid-19 yang confirm disediakan di satu lantai untuk kurang lebih 40-60 orang.

2. Wisma Atlet Sudah Disiapkan untuk 2000 Pasien Covid-19

Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran menangani 274 pasien per pukul 07.00 WIB, Jumat (27/3/2020).

Dari total jumlah pasien tersebut meliputi 28 pasien positif Corona, 208 berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 38 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

3. Kondisi Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi dan dr. Handoko Gunawan, SP.P Mulai Membaik

Diketahui pada 15 Maret 2020, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkir Virus Corona.

Kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi disebut semakin membaik setelah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona atau penyakit Covid-19.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman setelah mendapat laporan dari dokter RSPAD Gatot Soebroto yang merawat Budi Karya.

Selain itu dr. Gunawan yang beberapa hari lalu dikabarkan masuk ke ruang ICU karena mengalami sesak napas kini kondisinya sudah membaik.

4. Hotel Patra Jasa Jakarta akan Dimodifikasi Menjadi Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan Rumah Sakit Pertamina Jaya akan dijadikan sebagai rumah sakit khusus penanganan Virus Corona (COVID-19).

Jumlahnya sebanyak 155 tempat tidur yang disiapkan untuk menampung para pasien.

Menurutnya, rumah sakit khusus itu bakal dibekali dengan laboratorium diagnostik yang dapat mendeteksi Virus Corona, fasilitas radiologi, ruang gawat darurat dan ruang isolasi.

5. Wardah Menyumbang Rp40 Miliar untuk Penyediaan Prasarana Kesehatan

Presiden Komisaris PT Paragon Technology and Innovation, Nurhayati Subakat mengatakan, pihaknya terpanggil untuk membantu penanganan virus covid-19 di Indonesia.

PT Paragon Technology & Innovation (Paragon) yang menaungi sejumlah merek produk kecantikan ternama diantaranya, Wardah, MAKE OVER, dan Emina.

Rumah sakit itu antara lain yakni RS Persahabatan, RS Pelni, dan RS Sulianti Saroso.
Alat-alat kesehatan yang sudah dipesan PT Paragon itu, mulai dari alat swab senilai Rp 5 miliar, mobile X-Ray senilai Rp 4 miliar, ventilator senilai 5 miliar, dan banyak lainnya. Alat-alat itu sudah siap diberikan.

(Tribun-Video.com)

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Tribun Video
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved