Yandex

Viral di Medsos

Viral Video Bupati Sukoharjo Marah-marah di Pasar Swalayan karena Tak Ikuti Social Distancing

Jumat, 27 Maret 2020 14:46 WIB
TribunSolo.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Video yang menampakan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau Jekek marah-marah di pasar swalayan tersebar saat sidang penerapan social distancing.

Dalam video berdutasi 1 menit 16 detik yang diunggah oleh sejumlah medsos di antaranya akun instagram @infocegatansukoharjo, nampak Jekek memarahi pengelola pasar swalayan tersebut.

"Apa alasannya, saya pengen dengar."

Zona Merah Corona, 20.245 Warga Perantauan Pun Pulang ke Kampung Halamannya di Wonogiri

"Kan sudah di instruksikan pemerintah untuk mengatur jarak di pusat keramaian di ruang publik, di toko swalayan sampeyan tidak mengindahkan itu, alasannya apa?" kata Bupati dalam video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Joko Sutopo membenarkan video tersebut apa adanya.

Saat itu, dia sedang melakukan sidak di Toserba Luwes Wonogiri pada Rabu (25/3/2020).

"Pemerintah pusat menginstriksikan darurat nasional sampai ke daerah, dan para pengusaha serta seluruh masyarakat harus berpartisipasi," ungkap dia kepada TribunSolo.com, Jumat (27/3/2020).

"Tapi faktanya toko itu dalam kondisi seperti itu standar keamanannya saja tidak dipenuhi," katanya.

Bahkan Joko menyesalkan, manajemen sebuah swalayan terlalu mengejar keuntungan dan tidak melaksanakan SOP kesehatan seperti yang telah diinstruksikan pemerintah.

"Social distancing dan ketersediaan hand sanitazer saja tidak dipenuhi, sehingga saja melihat tidak ada empati dari manajemen," jelasnya.

"Jadi wajar donk kita menindak, kita memperingatkan karena tindakan mereka tidak bisa dipertanggungjawabkan, baik dari segi etika, estetika, formal, dan informal," papar dia menekankan.

Sehingga Bupati menilai luwes mengabaikan instruksi pemerintah dalam melindungi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

"Swalayan itu sudah membuka usaha di Wonogiri sudah berapa puluh tahun?, harusnya jadi garda terdepan di Wonogiri untuk berkontribusi dengan keadaan ini," harap dia.

"Sumbang masker berapa kontainer, sumbang hand sanitizer, karena sudah mendapatkan keuntungan dari Wonogiri puluhan miliar, itu baru hebat," tandasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Viral Video Bupati Wonogiri Marah-marah di Swalayan karena Tak Ikuti Social Distancing, Ini Faktanya

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Fikri Febriyanto
Sumber: TribunSolo.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved