Tribunnews Update

Kenali Fase-fase Rawan Penularan Corona dalam Kondisi Paling Rentan

Jumat, 27 Maret 2020 13:30 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Hong Kong menyatakan, penularan Covid-19 paling cepat terjadi saat minggu pertama gejala muncul.

Hal ini dikarenakan beban virus ini lebih tinggi, pada periode ini.

Dilansir oleh Kompas.com, Berdasarkan makalah yang diterbitkan di jurnal medis The Lancet, para peneliti melakukan uji coba sampel air liur pada 23 pasien terinfeksi Covid-19 di dua rumah sakit di Hong Kong.

Rata-rata pasien berusia 35 hingga 75 tahun.

Hasilnya, beban virus berada pada situasi tertinggi saat tujuh hari pertama setelah gejala muncul, lalu menurun secara bertahap. seperti yang dilansir oleh South China Morning Post, Kamis (26/3/2020).

Profesor asosiasi klinis di Departemen Mikrobiologi, University of Hong Kong, Kelvin To Kai-wang mengatakan, virus di minggu pertama akan bertransmisi dari satu orang ke orang lain dengan mudah, sebelum mereka dirawat di rumah sakit.

"Beban virus di minggu pertama membuat virus bertransmisi dari satu orang ke orang lain dengan mudah sebelum mereka dirawat di rumah sakit," ucap Kelvin To Kai-wang, profesor asosiasi klinis di Departemen Mikrobiologi, University of Hong Kong.

Sejauh ini, virus telah menginfeksi lebih dari 400.000 orang di seluruh dunia, dan menyebabkan angka kematian sekitar 16.000 orang.

Virus ini diketahui lebih sering menyerang orang golongan tua dan bisa menetap dalam tubuh manusia selama hampir satu bulan.

Bahkan dalam sebuah kasus, virus baru terdeteksi 25 hari, setelah pasien menunjukkan gejala.

To mengatakan, ada kemungkinan pasien harus diisolasi untuk waktu yang lebih lama.

"Sepertiga dari pasien kami melepaskan virus setelah 20 hari atau lebih," ujarnya.

(Tribun-Video.com / Inung Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Virus Corona Paling Menular di Minggu Pertama Gejala, Ini Penjelasannya.

Editor: Teta Dian Wijayanto
Reporter: Muhammad Nur Rohmad
Video Production: Aditya Wisnu Wardana
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved