Tribunnews Update

Cerita Dokter di Lampung Tangani Pasien Corona: Aku Udah Rasain Sendiri yang Terjadi di Wuhan

Kamis, 26 Maret 2020 20:17 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Seorang dokter di Lampung yang menjadi tenaga medis dan merawat pasien Covid-19 membagikan ceritanya di media sosial Instagram.

Dokter tersebut adalah dr Achmad Gozali yang bercerita melalui akun Instagramnya @aigozali06, Jumat (20/3/2020).

Menceritakan pengalamannya, ia bahkan mengaku video-video perawat yang bertugas di Wuhan, China saat ini telah ia rasakan sendiri.

Dikutip dari Kompas.com, curhatan dokter Gozali disertai sebuah foto saat dirinya menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap.

Dalam unggahan itu, dokter spesialis paru-paru dan pernapasan di Lampung ini menuliskan bahwa kebohongan jika tidak ada rasa takut di antara para staf medis, terlebih telah ada kasus positif di Lampung.

Dokter yang juga praktek di Klinik Khusus Paru-paru dan Pernapasan, Medina di Jalan Khairil Anwar, Bandar Lampung ini menulis setidaknya ada empat hal yang dia takutkan sejak menangani pasien Covid-19.

Setiap pagi, Gozali merasakan ketakutan membayangkan pasien apa yang bakal dia temui saat praktek, bagaimana jika dia tertular, bagaimana jika dia menjadi carrier (pembawa) virus.

Apalagi, dokter Gozali menjelaskan bahwa sang istri saat ini tengah hamil dan sebentar lagi akan melahirkan.

"Bagaimana jika saya tidak ketularan, tapi saya jadi karier (pembawa) padahal istri sedang hamil di rumah dan kami sedang menantikan anak kami lahir di tengah pandemi ini," kata Gozali.

Dalam unggahan itu, Gozali juga mengatakan, sudah tidak terhitung berapa kali dia mencuci tangan dalam jangka waktu satu jam.

"Kalau kalian pikir kalian tau apa yang kami rasakan, percayalah kalian ga akan tau," tulis dokter Gozali.

Diceritakan oleh dokter Gozali, ia awalnya hanya membayangkan melakukan penanganan Virus Corona, saat melihat video dokter dan perawat yang bertugas di Wuhan, China.

Namun hal itu kini justru ia rasakan sendiri dan tak hanya ia lihat melalui video.

Ia bahkan menegaskan tahu betul apa yang dirasakan perawat dan dokter di Wuhan, saat merawat pasien COvid-19 di Lampung.

"Sama seperti waktu gw liat video2 staf medis di Wuhan overwhelmed sama keadaan ini, gw pikir gw udah cukup tau perasaan takut mereka. Sampai gw ngerasain sendiri," jelas dokter Gozali. (Tribun-Video.com/Nila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kisah Dokter di Lampung Rawat Pasien Covid-19, Cuci Tangan Puluhan Kali dalam Satu Jam

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Nila
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved