Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Para Ahli Ungkap Kapan Dunia akan Kembali Normal setelah Pandemi Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 11:59 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Wabah Virus Corona yang menyebar cepat telah mendorong banyak negara di seluruh dunia melakukan penutupan untuk mencegah penularan Covid-19.

Beberapa kegiatan tertunda dan banyak aktivitas penting yang bahkan dibatalkan oleh setiap negara pada kebijakan yang betujuan menekan jumlah penularan Corona di dunia.

Dengan itu, banyak yang bertanya-tanya kapan dunia akan kembali normal setelah Pandemi Corona dan inilah jawaban dari para ahli.

Diketahui Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan ia yakin negara itu dapat "mengubah gelombang" dalam 12 minggu, sementara Presiden Donald Trump menyarankan Amerika Serikat dapat membuka lagi negaranya "dengan segera".

Namun hal itu lantas disanggah oleh para ahli kesehatan, sebab melonggarkan aturan pembatasan demi mengurangi dampak ekonomi dan sosial dan berisiko pada gelombang kedua kasus Virus Corona.

Dengan itu, mereka menyarankan untuk tetap menjalankan masa lockdown untuk jangka panjang yaitu satu atau dua bulan lagi.

"Virus ini tidak akan hilang dalam tiga minggu ke depan, tidak peduli bagaimana kita ingin membandingkan dengan Wuhan," kata Feigl-Ding, merujuk pada kasus-kasus virus corona di AS.

Dilanjutkan, mungkin vaksin bisa tersedia lebih cepat dari 12 bulan jika ilmuwan bisa berhasil melewati tahapan ujicoba dan memberikannya kepada banyak orang dengan cepat.

Diketahui sejak muncul dari Wuhan, China pada akhir 2019, Virus Corona telah menyebar di 190 negara.

Hingga saat ini, virus telah menginfeksi lebih dari 390.000 orang secara global, menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University, dengan angka kematian 17.156 orang.

Wabah tersebut telah diakui sebagai pandemi oleh WHO, dan badan kesehatan PBB berulang kali menggarisbawahi pentingnya setiap negara memberlakukan tindakan kesehatan masyarakat yang luas.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Dunia Kembali Normal Setelah Pandemi Corona? Ini Jawaban Ahli"

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ruth Aurora Chintya Natasha Iswahyudi
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved