Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Merasa Sakit setelah Membaca Informasi soal Virus Corona? Dokter Sebut Alasan dan Pencegahannya

Kamis, 26 Maret 2020 11:15 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Untuk mengetahui informasi seputar infeksi Virus Corona memang dibutuhkan agar kita tetap waspada namun tak jarang justru menimbulkan kecemasan berlebihan.

Kecemasan itu membuat kita yang sebenarnya dalam kondisi sehat mendadak merasa memiliki tanda-tanda sakit Corona saat membaca gejala-gejala infeksi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, seorang psikiater dr. Andri menjelaskan bahwa fenomena itu sebenarnya adalah hal yang normal dan kerap disebut dengan reaksi psikosomatis tubuh.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Andy melalui akun Twitternya, ia mengatakan bahwa reaksi itu timbul karena kecemasan yang dipicu oleh berita-berita yang terus menerus terkait Virus Corona.

"Amygdala atau pusat rasa cemas, sekaligus memori kita, jadi terlalu aktif bekerja. Akhirnya kadang dia tidak sanggup mengatasi kerja berat itu," papar dokter dari RS Omni Alam Sutera Tangerang ini.

Amygdala yang bekerja berlebihan ini juga mengaktifkan sistem saraf otonom secara berlebihan. Kita pun akan selalu berada dalam kondisi siaga terus menerus.

Penelitian juga mencatat bahwa kesalahan diagnosis dapat menyebabkan kewaspadaan berlebihan, meningkatkan kecemasan, dan perilaku keselamatan ekstrem.

Dampaknya negatif bagi masyarakat, seperti terlalu banyak menggunakan sumber daya medis (masker, hand sanitizer, dan lainnya), bahkan kehilangan pekerjaan.

Ia pun memberi cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan selama epidemi Covid-19 ini, antara lain adalah mengurangi membaca atau mendengar berita seputar Virus tersebut.

Lebih baik cukup membaca dari media yang terpercaya dan bukan dari aplikasi percakapan yang tidak diketahui kebenarannya.

Selain itu, lakukan juga olahraga ringan agar hormone endorphine terpacu. Selama melakukan pembatasan jarak sosial, ada baiknya untuk memanfaatkan waktu untuk berlatih praktik meditasi agar pikiran lebih tenang.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Kita Merasa Sakit Setelah Membaca Informasi Gejala Corona?"

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ruth Aurora Chintya Natasha Iswahyudi
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved