Travel

VIDEO TRAVEL | Kunjungi Rumah Singgah Pangeran Jayakarta dan Para Wali, Saung Ranggon Bekasi

Rabu, 25 Maret 2020 22:35 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM, BEKASI - Kuncen atau penjaga bangunan bersejarah Saung Ranggon di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi mengungkap sejumlah kejadian mistis.

Ada sejumlah kejadian yang terjadi diluar akal manusia.

Saung Ranggon itu bisa jadi sebagai bangunan tertua yang ada di Bekasi.

Untuk usia pasti bangunan ini tidak ada yang tahu, ada sumber yang menyebut ditemukan pada abad ke-16 dan pada tahun 1821 ditemukan kembali oleh pasukan Mataram bernama Raden Abbas.

Suasana magis sudah terasa saat tiba di area Saung Ranggon. Saat kami tengah melihat-lihat, ada seorang penjaga atau kuncen yang terus memadangi.

Akhirnya kami hampiri memperkenalkan diri maksud dan tujuan termasuk meminta izin foto dari luar Saung Ranggon tersebut.

Tak hanya memberikan izin foto dari luar, sang kuncen itu mengajak kami masuk ke ruangan dalam Saung Ranggon sambil menceritakan sejarah dan karomah yang ada pada tempat itu.

"Maaf ya de ya, tata kramanya harus ketemu ibu dulu. Izin dulu, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Sri Muryati (67) kuncen Saung Ranggon kepada Wartakotalive.com, pada Kamis (6/2/2020).

Sri yang masih keterunan keenam Raden Abbas ini menjelaskan alasan ia menegur kami. Sri tak ingin terjadi sesuatu yang buruk pada kami.

"Percaya tidak percaya, ada pengunjung main masuk dan foto tanpa izin atau permisi akhirnya keserupan," terang Sri. (*)

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Marsisca Puguh Setiari
Sumber: Warta Kota
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved