Terkini Metropolitan

Suasana Tes Cepat Massal Virus Corona (Covid-19) di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Rabu, 25 Maret 2020 17:14 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUN-VIDEO.COM, BEKASI SELATAN - Tes cepat massal Virus Corona (Covid-19) di Kota Bekasi hari ini mulai dilakukan, kegiatan tes dipusatkan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu, (25/3/2020).

Pantauan TribunJakarta.com, suasana tes cepat massal cukup ramai dipadati warga yang merupakan latar belakang tenaga medis dari sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Bekasi.

Mereka datang sejak pagi hari, lokasi tes berada di dalam stadion yang dipusatkan dekat area jogging lapangan.

Petugas yang melakukan tes berjajar dengan alat tes cepat yang sudah disiapkan, satu per satu peserta tes diambil sampel darahnya dengan cara disuntik.

Jumlah peserta tes yang cukup banyak membuat suasana sedikit riuh, mereka juga terlihat tidak terkendali dan berkerumun ketika menunggu proses tes.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, proeses tes cepat dilakukan di beberapa titik dan pola.

"Sekarang ini kita ambil tes yang pertama adalah tim kesehatan kita, jadi kalau nanti didata ada OPD (orang dalam pemantauan) dan PDP (Pasien dan Pemantauan) dia kita pisahkan," kata Rahmat di Stadion Patriot.

Selain di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, tes cepat juga akan dilakukan di RSUD Kota Bekasi, door too door ke rumah warga dan ke kantor instansi seperti Polres dan Kodim.

"Kita punya 165 Tim Kesehatan yang nanti akan dikirim ke tempat-tempat yang terduga yang terjadi interaksi ketempat-tempat yang memang sudah kita susun sedemikian rupa dari 15 positif , dari sekitar 240 yang dinyatakan ODP dan PDP," jelas dia.

Peserta tes yang hadir merupakan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi, prosesnya ditargetkan selesai hari ini dan dilanjut untuk melakukan tes di RSUD dan door to door.

"Kalau olres dan RSUD, Kodim itu belakangan setelah ini, kita utamakan masyarakat dulu kita ambil samplingnya di 12 kecamatan di 56 kelurahan hari Sabtu pagi saya harus sudah laporkan ke pak Gubernur," tegas dia.

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Bayu Romadi
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved