TRIBUNNEWS UPDATE

UN 2020 Dibatalkan Demi Keselamatan Bersama di Tengah Wabah Corona

Selasa, 24 Maret 2020 20:32 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim, memutuskan Ujian Nasional atau UN 2020 dibatalkan.

Hal tersebut dikarenakan pemerintah mengedepankan kesehatan dan keamanan para siswa, serta keluarga mereka di tengah wabah virus corona.

"Kami telah memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional di tahun 2020 ini," kata Nadiem melalui sambungan konferensi video, Selasa (24/3/2020).

"Alasan nomor satu adalah prinsip dasar dari Kemendikbud, yang terpenting itu adalah keamanan dan kesehatan daripada siswa kita dan tentunya juga keamanan keluarga mereka," lanjut dia.

Dilansir oleh Kompas.com, akan berbahaya bagi para siswa dan keluarga mereka, apabila Ujian Nasional tetap dilaksanakan.

Sebab, pasti akan terjadi penumpukan orang dalam jumlah banyak di satu tempat, jika Ujian Nasional tetap diadakan.

Padahal, penumpukan orang ini sangat berbahaya, karena berpotensi menjadi arena penyebaran Virus Corona.

Apalagi para siswa juga tinggal bersama anggota keluarga lain, yang kemungkinan terdapat satu di antaranya memiliki usia di atas 60 tahun, di mana mereka rawan terinfeksi Virus Corona.

"Itu bisa menimbulkan risiko kesehatan yang sangat besar. Bukan hanya bagi siswanya tetapi keluarga, kakek, nenek dari siswa-siswa tersebut," ujar Nadiem.

Perlu diketahui, jumlah siswa maupun siswi yang seharusnya mengikuti UN 2020 ini sebanyak 8 juta orang.

"Jadinya kita mengikuti prinsip nomor satu, tidak ada yang lebih penting lagi daripada keamanan dan kesehatan siswa dan keluarganya. Karena itu UN dibatalkan untuk 2020," ujar mantan Bos Gojek itu.

(Tribun-Video.com/Inung Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan UN 2020 Dibatalkan: Tak Ingin UN jadi Arena Penyebaran Covid-19"

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Muhammad Nur Rohmad
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved