Olahraga

Aktivitas Osvaldo Haay untuk jaga Kebugaran Tubuh Saat Perpanjangan Libur Liga 1 Indonesia

Selasa, 24 Maret 2020 15:24 WIB
TribunJakarta

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Manajemen Persija Jakarta memperpanjang waktu libur tim untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan.

Bila sebelumnya Marko Simic dkk akan kembali berlatih awal pekan ini, namun karena adanya imbauan dari pemerintah untuk menghentikan segala kegiatan dan social distancing, maka manajemen Macan Kemayoran menambah waktu libur hingga (31/3/2020) atau hingga waktu yang diumumkan lebih lanjut.

Meski tidak ada agenda latihan lebih dari dua pekan, tidak membuat penggawa Macan Kemayoran bersantai.

Seluruh pemain tetap menjalankan aktivitas olahraga di sela-sela waktu berkumpul bersama keluarga, tidak terkecuali Osvaldo Haay.

Pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di SEA Games 2019 itu rutin menjalankan core training atau latihan melatih otot inti seperti sit up, bird-dog crunch, dan standing bycyle crunch.

“Walaupun di rumah tidak boleh diam dan harus bergerak. Hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh termasuk mencegah masuknya virus yang saat ini tengah mengkhawatirkan,” tutur Osvaldo.

Osvaldo menambahkan, olahraga seperti ini dapat dilakukan di rumah bersama sanak saudara. Hal ini dapat mengusir rasa suntuk setelah cukup lama tidak berlatih di lapangan.

“Olahraga dari saya sangat sederhana dan dapat dilakukan di rumah tapi sangat bermanfaat. Saya melakukan Core Training bersama adik dan keponakan,” tuturnya

Manajemen perpanjang waktu libur

Manajemen Persija Jakarta memperpanjang agenda libur seluruh tim.

Hal ini selaras dengan edaran pemerintah dan seruan Gubernur DKI Jakarta untuk menghentikan segala kegiatan perkantoran, pariwisata, dan segala bentuk keramaian dalam rangka pencegahan penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Hal tersebut membuat agenda latihan Persija yang rencananya dihelat Senin (23/3/2020) batal terlaksana.

Waktu libur Persija diperpanjang hingga (31/3/2020), atau sampai waktu yang diumumkan lebih lanjut.

Manajer Tim Bambang Pamungkas menyatakan, memperpanjang libur latihan merupakan kebijakan terbaik.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Macan Kemayoran terhadap imbauan pemerintah.

"Manajemen secara resmi memperpanjang waktu libur tim. Kesehatan seluruh pemain dan ofisial adalah prioritas utama kami," ujar sosok yang akrab disapa Bepe ini seperti dikutip dari laman resmi Persija Jakarta.

Bepe menambahkan, meski libur seluruh pemain tetap diminta untuk menjaga kondisi kebugaran dengan olah raga, dan menjaga pola makan.

Ia juga berharap kondisi sulit ini cepat berakhir, dan kompetisi dapat segera berputar kembali.

"Selama ini para pemain telah berolahraga secara mandiri dan menjaga pola makan, mereka semua sangat profesional. Kami semua berharap agar kondisi ini cepat berakhir, dan kompetisi dapat segera berputar kembali,” tutur Bepe.

Sergio Farias beri tugas ke Pemain Persija

Pelatih Persija Jakarta Sergio Farias memberikan tugas kepada para pemainnya selama libur Liga 1 2020.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru atau PT LIB memutuskan Liga 1 2020 libur dua pekan karena virus corona atau Covid-19.

Hal itu membuat Persija Jakarta akhirnya memutuskan untuk menghentikan aktivitas selama satu minggu.

Persija Jakarta telah membuat kebijakan meliburkan tim dari segala aktivitas selama sepekan, sejak Minggu (15/3/2020).

Hal ini terkait pencegahan wabah virus corona atau Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan.

Pelatih Sergio Farias mengutarakan kebijakan ini diambil untuk menghormati federasi dan pemerintah yang menghimbau beraktivitas dari dalam rumah.

Pelatih berkebangsaan Brasil ini menambahkan, diliburkannya tim juga menjaga pemain dan ofisial dari segala bentuk risiko.

"Seminggu ini tidak ada kegiatan untuk seluruh pemain dan staf," ujar Sergio Farias.

"Setiap orang harus menghormati federasi dan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona dengan menghindari aktifitas apapun di area publik," sambung Farias.

Meski diliburkan, Farias memberikan tugas para pemain untuk tetap berolahraga dari rumah dan diimbangi dengan pola makan sehat.

"Para pemain harus tetap makan sehat dan berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh," tutupnya.

Persija Jakarta Lakukan Tes Virus Corona

Manajemen tim Persija Jakarta berencana melakukan tes virus corona kepada seluruh komponen di dalam tim, ketika menjalani latihan kembali pekan depan.

Tes tersebut sengaja dilakukan tim dokter Macan Kemayoran untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Saat ini, Riko Simanjuntak dan kawan-kawan diberikan waktu libur selama satu pekan oleh tim pelatih Persija Jakarta.

Keputusan memberikan libur tak lepas dari ditundanya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akibat virus corona.

Manajer tim Persija Jakarta, Bambang Pamungkas mengatakan, seluruh anggota tim akan langsung dicek saat berkumpul sebelum menjalani latihan.

"Kami akan melakukan sejumlah tes kepada seluruh anggota tim, saat kembali memulai segala aktifitas," kata manajer Persija, Bambang Pamungkas.

Pria yang akrab disapa Bepe itu menerangkan, pihaknya berniat membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, Bepe akan memproteksi anggota timnya agar tidak terserang virus tersebut.

“Persija berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam memerangi penyebaran virus corona. Bersama Indonesia bisa,” paparnya.

Nantinya, para pemain Persija Jakarta akan berlatih secara tertutup untuk menghindari virus corona.

"Persija juga akan memberlakukan latihan tertutup dimulai saat im kembali berlatih minggu depan,” tutup legenda Timnas Indonesia dan Persija tersebut. (TribunJakarta.com/Persija.id)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Manajemen Perpanjang Libur Tim, Pemain Persija Tetap Jaga Kebugaran dengan Core Training

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved