Yandex

Tribunnews Update

Mudik Gratis 2020 Resmi Dibatalkan, Kemenhub: Berpotensi Memperluas Wilayah Penyebaran Covid-19

Senin, 23 Maret 2020 21:49 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kementerian Perhubungan diketahui secara resmi sudah membatalkan program mudik gratis Angkutan Lebaran 2020.

Disebutkan bahwa kebijak tersebut diambil setelah mempertimbangkan status darurat bencana wabah Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia yang berlaku selama 91 hari.

Dikutip dari Tribunnews.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan bahwa program mudik gratis yang diadakan oleh Kemenhub hingga swasta akan ditiadakan.

Budi mengungkapkan hal itu lantasran adanya status darurat bencana wabah Corona yang berlaku sejak 29 Februari - 29 Mei 2020.

Ia mengharapkan, agar masyarakat mengerti dan mematuhi yang sedang dilakukan oleh pemerintah yaitu aktif meminimalisir penyebaran Covid-19 agar tidak meluas.

Budi melanjutkan, untuk di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, mudik gratis dengan bus dan kapal penyebarangan semuanya akan dihapuskan.

Disampaikan pula bahwa saat ini sudah waktunya untuk berfokus untuk saling membantu antara pemerintah pusat maupun daerah dalam mengatasi penularan dan penyebaran Covid-19.

"Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan," ujar Budi.

"Mudik ini melibatkan banyak massa dan berpotensi jadi titik penyebaran Covid-19, hal ini berpotensi membuat wilayah persebaran Covid-19 semakin luas," kata Budi.

Tak ketinggalan, Budi turut menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang sudah mendaftar mudik gratis.

Ia mengimbau agar warga kini tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu hingga situasi menjadi kondusif kembali.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Berpotensi Memperluas Wilayah Penyebaran Corona, Kemenhub Batalkan Mudik Gratis Angleb 2020

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Ruth Aurora Chintya Natasha Iswahyudi
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved