TRIBUNNEWS UPDATE

Sri Sultan Tetapkan Kebijakan Calm Down dan Slow Down dalam Menghadapi Corona di Yogyakarta

Senin, 23 Maret 2020 19:08 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X menyampaikan langkah pemerintah Yogyakarta dalam menghadapi wabah Corona, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (23/3/2020).

Sri Sultan mengatakan belum mengambil kebijakan lockdown di Daerah Istimewa Yogyakarta, melainkan menerapkan kebijakan calm down dan slow down dalam langkah menghadapi wabah Corona.

Sri Sultan HB X menyampaikan pesan dan imbauan tersebut didampingi oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X dan Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Dikutip dari Kompas.com, kebijakan calm down merupakan langkah yang berkaitan dengan diri sendiri seperti untuk menenangkan batin, menguatkan kepercayaan diri serta sikap selalu waspada.

Selain itu, Sri Sultan meminta warganya senantiasa ingat dan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta seperti melakukan zikir malam.

“Calm down untuk menenangkan batin dan menguatkan kepercayaan diri, agar eling lan waspada. Eling atas Sang Maha Pencipta dengan laku spiritual: “lampah” ratri, zikir malam, mohon pengampunan dan pengayoman-Nya,” ucap Sultan saat Sapa Aruh "Cobaan Gusti Allah" di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (23/3/2020).

Sedangkan untuk kebijakan slow down, merupakan langkah dalam memperlambat merebaknya pandemi penyakit Corona, dengan cara membersihkan diri dan lingkungannya sendiri-sendiri.

Dia menambahkan, masyarakat harus menjaga diri, keluarga, dan saudara, serta menjaga masyarakat, dengan memberi jarak aman.

Sri Sultan pun menghimbau warga Yogyakarta sedapat mungkin agar menghindari keramaian jika memang tidak mendesak.

Selain memberi himbauan, Sri Sultan pun mendoakan untuk seluruh warganya agar tetap selalu sehat dan dalam lindungan Sang Maha Pencipta.

(Tribun-video.com/ Rena Laila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Lockdown, Sultan HB X Tetapkan Yogya Slow Down dan Calm Down Atasi Corona"

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Desy Noormawati Amalia
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved