Travel

VIDEO TRAVEL | Pesona Wisata Labuak Tampuruang Padang, Suguhkan Panorama Asri

Jumat, 20 Maret 2020 21:06 WIB
Tribun Padang

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUN-VIDEO.COM, PADANG - Lubuak Tampuruang adalah salah satu pemandian umum yang ada di Sumatera Barat dengan pemandangan yang elok dan air terjun yang masih alami, hingga banyak pengunjung datang untuk melepas penat ketika libur.

Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan roda dua, dan roda empat.

TribunPadang.com pada hari (7/3/2019), mencoba menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi agar lebih mudah dan bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan kehijauan yang disuguhkan alam di sepanjang perjalanan.

Misalkan pengunjung datang dari Bandara Internasional Minagkabau berjarak 25 Kilometer (Km), dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 50 menit, sampai satu jam perjalanan.

Saat sampai pengunjung bisa parkir di gerbang masuk Lubuk Tampuruang yang bertuliskan, 'Selamat Datang Di Objek Wisata Pemandian Air Terjun Lubuak Tampuruang Kampung Guo'.

Setelah parkir, pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi Lubuak Tampuruang. Tidak jauh dari tempat parkir, hanya saja melewati jalanan setapak dan tanah.

Objek wisata pemandian Lubuak Tampuruang bisa mempermudah perjalananan menuju lokasi, jika tidak kuat berjalan kaki, karena perjalanan sedikit mendaki.

Pengunjung bisa menempuh jalur dengan sepeda motor dan mobil. Maka, akan sampai di tempat taman, dan tempat selfie yang dibuat khusus melihat pemandangan Kota Padang.

Dari sana pengunjung hanya berjalan sedikit menuju lokasi, di lokasi pengunjung akan disuguhkan pemandnagan nan elok dari damainya lokasi Lubuk Tampuruang.

Jika pengunjung lapar, disana ada beberapa padagang yang berjualan, dari bsrbagai macam gorengan dan mie rebus.

"Saya tinggal di Kuranji datang kesini. Karena tempatnya bagus, dan karena ada air terjunnya," kata Bayu, salah satu pengunjung Wisata Air Terjun Lubuak Tampuruang, Kamis (7/3/2019).

Ia mengatakan, ia datang ke Lubuk Tampuruang tidak setiap hari. Tapi datang dan berenang disaat ingin saja.

"Bisa berenang, dan terjun dari bebatuan sama teman," ungkapnya.

Ira (34), salah satu pedagang yang berjualan di dekat lokasi wisata Pemandian Lubuk Tampuruang, mengatakan wisata Lubuk Tampuruang ramai dikunjungi ketika ada tanggal merah pada kalender.

"Seperti hari ini, tanggal merah. Dan, banyak yang datang berkunjung untuk mandi-mandi di Lubuk Tampuruang", kata Ira, yang juga warga sekitar, Kamis (7/3/2019).

Ia mengatakan, pengunjung datang tidak selalu untuk berenang, ada yang hanya melepas penat di waktu libur.

"Ada juga yang datang hanya sekedar berfoto dan berselfie di lokasi pemandian," ujarnya.

Ia mengatakan, selain saat tanggal merah. Pengunjung datang juga banyak pada saat hari libur lainnya.

"Kebanyakan pengunjung datang, biasanya hari Minggu dan Sabtu. Karena libur kan," ujarnya.

Ia juga mengatakan, misalkan cuaca gelap mendung, biasanya orang takut datang ke atas ini. Karena tempatnya cukup jauh.

"Disini kadang hujan, tapi kadang di bawah sana tidak hujan, dan kadang kebalikannya. Itu juga salah satu faktor membuat pengunjung tidak ramai katanya," katanya.

Ia mengatakan, ia bsejualan macam-macam gorengan, dari gorengan bakwan, tahu, ubi, dan pisang.

"Saya berjualan disaat hari libur saja, seperti hari ini, dan pada hari Sabtu dan Minggu. Karena dihari itulah pengunjung datang ramai," ungkapnya.

Ia mengatakan, disaat libur ia dapat mengahbiskan jualannya, dan dari hasil yang dapatkan sampai sekitar Rp300 sampai Rp400 ribu dalam sehari.

"Tapi itu tidak setiap hari saya berjualan, kadang karena cuaca, walau di hari libur," katanya.

Ia mengatakan, selain lokasi air terjun yangbada di Lubul Tempurung, sebenarnya masih ada tempat yang bisa dikunjungi para pengunjung, yaitu Lubuk Kudo.

"Lubuk Kudo itu sebelum Lubuk Tempurung, di bawah Lubuk Tempurung ini," katanya.

Ia juga mengatakan, Lubuk Kudo juga bagus pemandangannya. Tapi tidak memiliki air terjunnya, hanya ada aliran air yang bertingkat-tingkat dari atas ke bawah.

"Disini juga ada gempat selfie, ada tamannya, dan Gajebo," ungkapnya.

Ia mengatakan, tempat selfie-nya dari lokasi Lubuk Tempurung tidak jauh. Hanya berjalan sekitar beberapa puluh meter ke atas, dan disana akan terlihat pemandangan Kota Padang dari ketinggian.(*)

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Marsisca Puguh Setiari
Sumber: Tribun Padang
Tags
   #Padang   #air terjun   #Sumatera Barat
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved