Yandex

Travel

Antisipasi Virus Corona, Pengelola Menyemprot Cairan Disinfektan di Sekujur Tubuh Candi Borobudur

Rabu, 18 Maret 2020 18:31 WIB
Tribun Jogja

TRIBUN-VIDEO.COM, MAGELANG - Seluruh bagian Candi Borobudur disemprot dengan cairan disinfektan, Senin (16/3/2020).

Penyemprotan ini untuk membersihkan atau mensterilkan tubuh candi dari virus ataupun bakteri yang menempel, dan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19.

Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Yudi Suhartono, mengatakan, setelah zona 1 Candi Borobudur ditutup untuk umum mulai Senin (16/3/2020) ini, BKB melakukan penyemprotan di sekujur tubuh candi dengan cairan disinfektan.

"Pagi ini kita melakukan penyemprotan disinfektan di candi borobudur setelah kemarin ada SK dari kepala BKB, mulai hari ini sampai tanggal 29 Maret 2020 khususnya zona 1 ditutup untuk umum. Selama menutup itu kita melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, pembersihan untuk kemungkinan adanya virus virus yang ada di candi," kata Yudi, Senin (16/3/2020) di Candi Borobudur.

Cairan disinfektan yang dipakai menggunakan bahan khusus berupa disinfektan, gliserol, alkohol, aquades dan kandungan tambahan H2O2.

Kandungan gliserol, alkohol ini untuk membersihkan jamur, lumut, bakteri, virus, supaya mengendap dan tidak cepat menguap.

"Kandungannya selain gliserol, alkohol, untuk membersihkan jamur lumut dan virus, tetapi virus tak begitu sempurna, sehingga kita sempurnakan dengan kandungan H202, untuk membersihkan virus di situ. Ada gliserol dan juga aquades. Rekomendasi, gliserol digunakan supaya mengendap dan tidak cepat menguap, sehingga butuh lama penguapan. Kita melakukan pemesanan khusus bahan ini," tutur Yudi.

Seluruh tingkat disemprot.

Cairan dipakaikan di bagian yang banyak dipegang pengunjung seperti hand rail, stupa.

Ini juga sebagai antisipasi terhadap penyebaran Covid-19.

"Kami lakukan ini agar semua dalam keadaan bersih dan terbebas dari virus atau bakteri," ujarnya.

Salah satu pengunjung di Candi Borobudur, Agatha Febriana, mengatakan kecewa dengan penutupan ini.

Ia sudah berencana ke Candi Borobudur sejak lama, tetapi tidak dapat naik candi.

Meski demikian, ia maklum penutupan ini untuk mencegah bahaya yang ditimbulkan dari Virus Corona. (Tribun Jogja/Rendika Ferri K)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul BREAKING NEWS : Cegah Covid-19, Candi Borobudur Disemprot Cairan Disinfektan

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: Tribun Jogja
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved