Yandex

Terkini Daerah

Dampak Virus Corona, Ribuan Calon Pengantin Terancam Gagal Gelar Resepsi Pernikahan di Indramayu

Selasa, 17 Maret 2020 19:14 WIB
Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUN-VIDEO.COM - Ribuan pasang calon pengantin di Kabupaten Indramayu terancam tidak bisa menggelar repsesi pernikahan akibat pembatasan aktivitas yang bersifat pengumpulan orang banyak.

Pembatasan aktivitas itu diberlakukan pemerintah sebagai upaya pencegahan Virus Corona atau Covid-19 agar tidak semakin menyebar luas.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Sofandi mengatakan, sedikitnya ada sekitar 1.500 pasang calon pengantin yang terancam tidak bisa menggelar respsesi pernikahan pada bulan ini.

"Di kita itu setahunnya ada 18.000 orang yang menikah pertahun dibagi 12 saja rata-ratanya ada 1.500," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Selasa (17/3/2020).

Penyekatan aktivitas ini dinilai Sofandi sedikit memberatkan, khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan.

Terlebih di bulan-bulan ini, animo masyarakat untuk menikah cenderung lebih banyak karena sudah memasuki musim tanam.

"Yang terancam ini acara respsesinya, kalau nikahnya bisa di kantor KUA atau di rumah dengan hanya mengundang beberapa orang juga," ucapnya.

Persoalan itu pun sudah disampaikan Sofandi ke Plt Bupati Indramayu dalam rapat koordinasi yang digelar Pemda Indramayu pada hari kemarin.

Adapun untuk tindak lanjut mengenai persoalan tersebut, pihaknya masih menunggu keputusan yang bakal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu.

"Makanya saya ngomong dengan Bupati mohon petunjuk, kita kan punya KUA ini kan layanan masyarakat kalau ditutup tidak bisa," ujar dia.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ribuan Calon Pengantin di Indramayu Terancam Gagal Gelar Resepsi Pernikahan

Editor: Purwariyantoro
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: Tribun Jabar
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved