Terkini Daerah

Raja dan Ratu Belanda Kunjungi Candi Prambanan, Jadi Promosi Pariwisata di Tengah Isu Corona

Kamis, 12 Maret 2020 16:47 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Belanda Maxima Zorregueta Cerruti ke kawasan Candi Prambanan diharapkan membawa dampak positif.

Pasalnya, saat ini isu Virus Corona tengah merebak dan memengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Prambanan.

"Bagi kami, destinasi di taman wisata Candi Prambanan ini suatu keuntungan besar. Di tengah isu corona yang begitu hebat, kita kedatangan tamu luar biasa," kata GM Unit Prambanan Aryono Hendro saat ditemui di Kompleks Candi Prambanan, Rabu (11/3/2020).

Kunjungan rombongan Raja Belanda sempat mengikuti penutupan seminar ICRS di Museum Prambanan di Klaten, Jawa Tengah.

Seusai mengikuti penutupan, rencananya akan ada sesi foto di kompleks Candi Siwa, tetapi dibatalkan karena cuaca. Rombongan melanjutkan menyaksikan sendratari Ramayana di Panggung Teater, dan langsung ke bandara.

Harapannya, kunjungan ini bisa digunakan untuk promosi dan membuktikan kepada dunia luar bahwa Candi Prambanan aman untuk dikunjungi. "Ini istilahnya kampanye gratis bagi kita," ucap Aryono.

Namun, karena isu Virus Corona, Aryono menyebutkan, kunjungan wisman ke Candi Prambanan pun mengalami penurunan sekitar 35 persen sejak awal Februari 2020.

Namun, selain karena Virus Corona, penurunan juga karena berbarengan dengan low season. Adapun saat low season, biasanya penurunan di angka 10 persen. Namun, kali ini lebih dari itu.

"Karena beberapa penerbangan dibatalkan, (berdampak) menurunkan (kunjungan ke Candi Prambanan)," ucap Aryono.

(Kompas.com / Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Raja Belanda ke Candi Prambanan, Promosi Pariwisata Gratis di Tengah Isu Corona.

Editor: Teta Dian Wijayanto
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved