TRAVEL

Destinasi Wisata Pecinta Petualangan ,Gua Togi, Pilihan Wisata Alam di Kepulauan Nias

Kamis, 5 Maret 2020 21:41 WIB
Kompas TV

TRIBUN-VIDEO.COM - Saat akan berlibur di Sumatera Utara, yang terlintas pasti Danau Toba. Padahal, Sumatera Utara itu luas guys. Ada Kepulauan Nias di sana yang juga menyimpan wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Gua Togi Ndrawa.

Gua Togi adalah Gua alami yang terletak di Desa Lolowonu Nikootano, Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias. Jarak tempuh untuk menuju lokasi ini cukup singkat, hanya 3 kilometer dari pusat Kota Gunungsotoli atau jika berangkat dari Bandara Binaka hanya memakan waktu sekitar 45 menit saja.

Gua alam ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, karena sejumlah peneliti menemukan bukti-bukti keberadaan manusia sejak 12.000 tahun yang silam di lokasi ini. Dahulu, gua ini juga digunakan oleh pendatang asing untuk bersembunyi saat pendudukan Jepang di Kepulauan Nias.

Nah, sudah kaya akan sejarah, Gua Togi juga menyimpan pesona alami seperti banyaknya stalaktit dan stalakmit di dalamnya. Hingga saat ini, stalaktit dan stalakmit di dalamnya masih aktif atau masih terus tumbuh.

Gua Tgi Ndrawa memiliki 5 buah gua dengan 1 gua utama yang dapat dijelajahi oleh pengunjung sampai ke dalam perutnya. Sangat menarik bagi pengunjung yang menyukai petualangan.

Selamat berwisata! (KOMPAS TV)

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: Kompas TV
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved