viral di medsos

Viral di Medsos Warga Kuningan Meninggal karena Virus Corona, Ini Penjelasan Deki Direktur RSUD

Kamis, 5 Maret 2020 00:48 WIB
Tribun Jabar

TRIBUN-VIDEO.COM, KUNINGAN - Beredar luas informasi di media sosial dan pesan singkat WhatsApp yang menyebutkan warga Kota Kuningan Jawa Barat meninggal dunia karena Virus Corona, Rabu (4/3/2020).

Namun kabar itu dibantah Direktur Utama RSUD Kuningan dr Deki Saefullah.

“Kami pastikan yang meninggal itu bukan terkena Virus Corona,” ucap Deki saat ditemui di Kompleks Setda Kuningan, seusai menghadiri Rakor Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Penyebaran Corona Virus (Covid-19).

”Info itu Hoax,” kata Deki.

Untuk menghadapi penyebaran Virus Corona, kata Deki, itu bisa dilakukan dengan keberanian mental seseorang dalam melakukan aktivitas seha-hari.

Pasalnya, ketika ketakutan itu muncul mengakibatkan mental drop sehingga memudahkan penyakit masuk dan mengidap dalam tubuh.

“Jadi rasa takut berlebihan itu menurunkan imunitas dalam tubuh kita. Untuk itu lawan saja keadaan tersebut,” ucap Deki kepada wartawan.

Selain melakukan hidup sehat, kata Deki, ada cara lain dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona tersebut.

“Perbanyak minum. Saya contohkan, jika baju semakin sering dibilas, itu akan lebih bersih. Nah, hal ini juga sama dengan tubuh. Semakin sering banyak kencing, semakin bagus bagi kesehatan,” ujar Deki.

Mengenai penggunaan masker, kata Deki, hal itu tidak terlalu penting dalam aktivitas sehari-hari.

Sebab, lanjut dia, idealnya pengguna masker itu untuk orang yang sakit. “Saya layani pasien dan ke mana-mana gak pake masker,” ucap Deki lagi.

Soal ruang isolasi untuk pasien Virus Corona, kata Deki, sudah disediakan.

“Ada dua ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Kuningan,” katanya.

Soal kabar pasien Corona warga Kuningan yang bekerja di Iran, Deki mengatakan, betul ada, namun tidak memiliki gejala atau terjangkit Virus Corana.

“Pasien itu memiliki penyakit asma, bukan kena Virus Corona,” ujar Deki.

(TribunCirebon.com/ Ahmad Ripai)

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: Tribun Jabar
Tags
   #viral di medsos   #Kuningan   #Jawa Barat
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved