Viral di Medsos

Video Viral Aksi Intimidasi dan Rasisme ke Pria Berkebutuhan Khusus

Senin, 24 Februari 2020 18:25 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah video berdurasi satu menit viral di jejaring media sosial (medsos).

Dalam video tersebut seorang pria dewasa berpakaian baju merah meneriaki pria lain yang berbaju hitam sembari menggengam batu besar ditangan kanannya.

Menurut keterangan para pekerja bengkel tempat lokasi kejadian, peristiwa itu terjadi pada Minggu (23/2/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Diketahui aksi tersebut terjadi di depan sebuah bengkel Cuci Mobil 24 Jam kawasan Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Bayu Septo (16) salah satu pekerja mengatakan tak mengetahui awal mula kejadian tersebut.

Secara tiba-tiba dua pria tersebut datang begitu saja sembari bertikai di tempat ia bekerja.

"Awal pertamanya, saya lagi di kamar. Terus katanya ada yang berantem, saya keluar lagi ramai-ramai berantem gitu. Disini yang lain enggak ada yang berani misahin. Cuman itu saja. Terus dipisahin sama beberapa orang tapi masih ada ributnya, kaya enggak ada yang berani itu," kata Bayu saat ditemui dilokasi kejadian, Tanah Kusir Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).

Ia pun membenarkan bahwa pria berbaju merah itu sedang membawa batu mengintimidasi dengan meneriaki seorang pria berbaju hitam.

Kejadian tersebut pun menyita perhatian warga dan pengguna jalan sekitar yang saat itu sedang melintasi kawasan tersebut.

Bayu menuturkan, pria berbaju merah itu sudah mengepal batu yang diambilnya di sekitar area warung kopi tepat bersebelahan dengan bengkel tempat ia bekerja.

"Bawa batu kelihatan dari warung kopi," jelasnya.

Namun, ia mengatakan kejadian tersebut tak berlangsung lama warga segera melerai aksi tersebut.

Pria yang diintimidasi pun melarikan diri ke arah Jalan Bendi Raya, Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Pria baju hitamnya lari ke sana terus dikejar sama yang baju merah. Terus, dipisah sama berapa orang kemarin ya, sekitar empat tiga orang," jelasnya.

Bayu mengatakan bahwa pria berbaju hitam yang mengalami intimidasi berciri fisik warga Tionghoa.

Keterangan yang sama turut diberikan oleh pekerja bengkel pencucian mobil lainnya.

Asianto (17) mengatakan, bahwa kejadian tersebut hanya sepintas di tempat ia bekerja bersama bayu.

Menurutnya saat kejadian berlangsung keadaan bengkel sedang ramai order pencucian kendaraan bermotor.

Ia mengaku hanya memerhatikan sejenak ciri-ciri dari kedua pria yang bertikai itu.

Asianto membenarkan bahwa pria berbaju hitam itu memiliki paras seperti warga Tionghoa dan juga terlihat seperti tuna grahita atau berkebutuhan khusus.

"Sekitar jam 15.00 WIB. Sebentar saja disini, terus lari kesana (arah Jalan Bendi Raya) karena diusir kasir. Kata kasir kita, kalau mau ribut disana saja, disini untuk kerja," kata Asianto dikesempatan yang sama.

"Kalau dilihat ciri-cirinya iya (berkebutuhan khusus)," tandasnya.

Sebelumnya, video berdurasi sekitar satu menit tersebut menggambarkan dua pria sedang bertikai sedang dilerai oleh seorang pengemudi ojek online (ojol).

Dalam video tersebut, terlihat pria berbaju merah mengintimidasi dan terus meneriaki pria berbaju hitam yang terlihat seperti disabilitas tuna grahita atau berkebutuhan khusus dengan kata-kata rasis.

"Lu berani lawan gua hah? Siapa yang nyuruh? Mau nguasain Natuna, jawab Cina hah?," teriak pria berbaju merah kepada pria berbaju hitam.

Sedangkan, pria berbaju hitam hanya menghindari pria tersebut yang terus mengancamnya dan tak mengeluarkan sepatah kata pun.

Hanya gerakan tubuh dari pria berbaju hitam terlihat seperti melindungi diri .

Namun, pria berbaju merah itu justru terus mengintimidasi pria berbaju hitam tersebut dengan bentakan yang lebih keras.

"Lu mau minta dimakan hah? Indonesia harga mati, NKRI harga mati. Natuna ini Indonesia, denger lu Cina. Salamin sama presiden lu, gua tahu bayaran presiden lu, presiden China a****g," teriak pria berbaju merah.

Pantauan Wartakotalive.com dilokasi terjadinya aksi intimidasi dan rasisme itu, Senin (24/2/2020) beberapa personil kepolisian Polres Metro Jakarta Selatan tengah melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari warga sekitar.

Belum diketahui motif masalah yang berujung pada bentakan rasis dari pria berbaju merah yang terekam pada video tersebut. (m23)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul VIDEO: Viral Aksi Intimidasi dan Rasisme ke Pria Berkebutuhan Khusus, Begini Penjelasan Saksi di TKP

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Aditya Wisnu Wardana
Sumber: Warta Kota
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved