Terkini Nasional

Enggan Ikut Campur, BIN Serahkan Sepenuhnya Pencarian Harun Masiku ke KPK

Kamis, 13 Februari 2020 20:46 WIB
TribunWow.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyerahkan sepenuhnya pencarian tersangka kasus suap sekaligus mantan caleg PDIP Harun Masiku ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/2/2020) Budi menyatakan, kasus tersebut merupakan kewenangan KPK.

Dilansir Kompas.com, Budi juga menuturkan, pihak KPK mempunyai kemampuan untuk menyelidiki keberadaan tersangka kasus dugaan suap yang melibatkan mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Dirinya enggan ikut campur soal pencarian Harun Masiku.

Kendati demikian, ia yakin cepat atau lambat Harun Masiku pasti dapat ditangkap oleh KPK.

Diketahui, Harun ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberikan uang kepada eks komisioner KPU Wahyu Setiawan agar membantunya menjadi anggota legislatif melalui mekanisme pergantian antarwaktu.

KPK sendiri hingga kini belum mengetahui keberadaan Harun.

Harun disebut terbang ke Singapura pada Senin (6/1/2020) lalu, dua hari sebelum operasi tangkap tangan terhadap Wahyu dan tersangka lainnya.

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pimpinan KPK tidak serius mencari eks caleg PDIP Harun Masiku yang merupakan tersangka kasus dugaan suap ke Wahyu Setiawan terkait pergantian antarwaktu anggota DPR.

Peneliti ICW pun mengkritik pimpinan KPK yang dinilainya lebih sibuk bersafari ke sejumlah lembaga ketimbang mencari keberadaan Harun Masiku.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Harun Masiku Belum Tertangkap, BIN Enggan Ikut Campur dan Pilih Serahkan ke KPK

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Buyung Haryo
Sumber: TribunWow.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved