Hoax or Fact

Hoax or Fact: Air Darah Keluar di Jalanan setelah Gempa Mengguncang Turki?

Kamis, 13 Februari 2020 19:23 WIB
Grid.ID

TRIBUN-VIDEO.COM - Jagad media sosial dihebohkan dengan kabar air berwarna merah darah keluar dari jalanan, setelah diguncang gempa berkekuatan 6,8 magnitudo di Turki.

Kira-kira gimana ya kebenarannya? Yuk cek faktanya.

Gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Turki, dan megakibatkan sejumlah jalan mengalami keretakan akibat guncangan.

Dikutip dari hai.grid.id, gempa itu diketahui juga mengakibatkan keluarnya air berwarna merah darah keluar dari dalam tanah sekitar kawasan dekat Sivrice.

Disebutkan, kemunculan air berwarna merah darah itu membuat warga setempat takut, dan menghubungkannya dengan tanda-tanda akhir zaman.

Namun, sejumlah pihak menyebut bahwa air berwarna merah darah itu muncul setelah adanya keretakan pada tempat persediaan air di bawah tanah.

Dijelaskan, para teknisi setempat selama ini memang kerap memberikan pewarna di dekat pipa air sehingga mereka dapat mengidentifikasi kebocoran yang terjadi.

Akan tetapi, menurut laporan, para teknisi selama ini menggunakan warna cerah seperti hijau ataupun kuning, bukan merah seperti yang terdapat dalam video.

Dikutip dari dailystar.co.uk, penyebab pasti dari air berwarna merah darah yang keluar dari tanah itu belum dikonfirmasi.

Namun, penjelasan lain yakni termasuk tanah liat merah dari bawah permukaan dicampur dengan sumber air dan kecelakaan di rumah pemotongan hewan setempat juga dimungkinkan.(Tribun-Video.com/Rusintha)

Artikel ini telah tayang di hai.grid.id dengan judul Gempa Guncang Turki, Air Berwarna Merah Darah Keluar dari Jalanan yang Retak

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Rusintha Mahayusanty N
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Grid.ID
Tags
   #Hoax or Fact   #Turki   #kucuran darah
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved