Gempa 4.1 Magnitudo Kejutkan Masyarakat di Padang Panjang, Akibat Aktivitas Sesar Sumatera

Kamis, 13 Februari 2020 17:06 WIB
Tribun Padang

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUN-VIDEO.COM - Gempa bumi terjadi di Padang Panjang dengan kekuatan 4.1 Magnitudo sekitar pukul 01.39 WIB, Kamis (13/2/2020).

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang Irwan Slamet, melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri membenarkan adanya aktivitas gempa yang terjadi Padang Panjang akibat aktivitas Sesar Sumatera.

"Gempa terjadi sekitar pukul 01.37 WIB sebagian masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya goncangan gempa bumi," katanya.

Dari hasil analisanya, yaitu BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang diperoleh parameter gempa bumi dengan kekuatan M=4.1, pusat gempa ini berada di darat pada koordinat 0.40 Lintang Selatan dan 100.44 Bujur Timur, sekitar delapan kilometer Timur Laut Padang Panjang, Sumbar.

Ia menyebutkan gempa terjadi pada kedalaman hiposenter 10 kilometer, dan berdasarkan laporan dari masyarakat yang diterimanya goncangan dirasakan di Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar dan Bukittinggi III - IV MMI, Payakumbuh III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," katanya.

Menurutnya, gempa yang terjadi adalah grmpa bumi dangkal, dan masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunpadang.com dengan judul BMKG, Gempa 4.1 Magnitudo Kejutkan Masyarakat di Padang Panjang, Akibat Aktivitas Sesar Sumatera

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Padang
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved