Terkini Daerah

Evakuasi Anak Kucing yang Terjebak, Petugas Damkar Masuk Gorong-gorong Sepanjang 4 Meter

Rabu, 12 Februari 2020 20:34 WIB
Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUN-VIDEO.COM - Di tengah kesiap siagaannya untuk penanganan kebakaran, Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bogor juga aktif melakukan penyelamatan.

Tidak hanya penyelamatan saat terjadi peristiwa bencana, tapi juga petugas pemadam kebakaran aktif membantu masyarakat untuk mengevakuasi hewan.

Satu diantaranya adalah saat melakukan penyelamatan anak kucing liar di selokan Pulo Armen, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur dekat jalur masuk Sekolah Kesatuan, Selasa (11/2/2020).

Dua orang petugas damkar yang melakukan penyelamatan adalah Cepi dan Abdurahman.

Dengan menggunakan perlengkapan safety yang dilengkapi sarung tangan Cepi petugas damkar masuk ke dalam selokan sepanjang lebih dari empat meter yang ditutupi ramp besi.

Petugas Pemadam Kebakaran Abudrahman mengatakan bahwa ketika itu petugas piket Pemadam Kebakaran Pos Sukasari menerima laporan dari warga.

Selanjutnya petugas mendatangi lokasi dengan membawa perlengkapan.

"Iya jadi ada seorang ibu yang sedang jalan di Pulo Armen, dia bukan warga situ tapi pas dijalan dia lihat ada anak kucing yang terjebak diselokan terus lapor ke Damkar," ujarnya saat ditemui di Pos Sukasari.

Meski harus masuk ke dalam selokan yang aliran airnya berwarna hitam pekat dengan bau yang tidak sedap namun kondisi itu tidak menjadi hambatan petugas untuk melakukan penyelamatan.

Petugas damkar pun harus menyusuri selokan yang panjangnya mencapai kurang lebih empat meter.

Setelah berhasil dievakuasi anak kucing liar yang basah kuyup terkena aliran selokan yang hitam pekat itu pun langsung diberi anduk.

"Iya jadi ibu itu pas laporan bilang pak ada anak kucing terjebak, kata ibunya kucingnya mau dirawat dibawa pulang, tadi langsung di bersihkan dan dibawa,"ujarnya.

Tidak hanya anak kucing yang terjebak dialiran selokan, Petugas Damkar Kota Bogor juga aktif melakukan penyelamatan diamtaranya evakuasi ular di rumah warga, biawak, sarang tawon berukuran besar dan hewan piaran.

Kepala Bidang Penyelamatan Dan Kebakaran Kota Bogor pada Satpol PP Kota Bogor Marse Hendra Saputra mengatakan bahwa pada prinsipnya petugas damkar memiliki tugas untuk memberikan pelayanan terhadap warga.

"Iya memang tugas kita melakukan penyelamatan, Insya Allah karena niatnya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan kita berusaha menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,"ujarnya.

(TribunnewsBogor/Lingga Arvian Nugroho)

Artikel ini telah tayang di Tribunnewsbogor.com dengan judul Evakuasi Anak Kucing yang Terjebak, Petugas Damkar Masuk Gorong-gorong Sepanjang 4 Meter

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Tribunnews Bogor
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved