Terkini Daerah

Purana Gandeng Seniman dari Yogyakarta untuk Koleksi Busana Spring atau Summer 2020

Rabu, 12 Februari 2020 12:42 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUN-VIDEO.COM, TANAH ABANG - Brand busana lokal Purana, menggandeng duo seniman dari Yogyakarta yakni tempat untuk koleksi busana spring/summer tahun 2020 kali ini.

Sebanyak 30 'look' diluncurkan dalam koleksi ini.

Di mana terdiri dari outerwear, dress, top, juga key item berupa black and white top dengan aksen kimono, serta black and white dress fungsional untuk penyuka gaya simpel dan twist yang cukup proporsional.

Selain itu, juga ada koleksi busana dengan gaya multi styling atau dapat dikenakan dengan berbagai gaya yakni lounge set yang kini semakin lazim dikenakan oleh para traveller.

"Sekarang ini para traveller senang memakai longue set misalnya untuk long haul flight, gaya ini juga ramah bagi mereka yang memakai hijab," kata Nonita selaku Direktur Kreatif Purana, Senin (10/2/2020).

Nonita mengatakan, bahwa lounge set yang digambarkan sebagai setelan kemeja dan celana panjang longgar bermotif, belakangan ini mulai banyak diminati oleh penikmat fesyen.

Hal ini terlihat dari seberapa seringnya busana lounge set ini tampil dalam koleksi berbagai label busana baik lokal maupun internasional.

Nah dalam kolaborasinya di koleksi kali ini, dua seniman Tempa yakni Putud Utama dan Rara Kuastra secara khusus mendesain motif dari lounge set ini dengan mengangkat keindahan vegetasi Indonesia yang juga dibubuhi dengan keindahan kearifan lokal.

Pada karya-karyanya dalam koleksi kali ini, Tempa membagikan kisah tentang sebuah keseimbangan antara makhluk hidup dan semesta.

"Jadi dari karya seni dan desain Tempa yang sudah ada, kami buat modivikasi supaya bisa diaplikasikan di baju. Saya minta mereka untuk mengambil inspirasi dari flora dan fauna juga yang khas Indonesia," kata Nonita.

Adapun beberapa material yang dipilih untuk koleksi Purana spring/summer 2020 kali ini seperti fine cotton, breathable denim, hingga serat cupro keluaran label Bemberg dari Jepang.

Untuk busana bermaterial serat cupro ini, diklaim cukup fleksible saat dipakai.

Yaitu terbuat dari serat selulosa regenerasi serat-serat pendek yang menempel pada biji kapas, material ini bertekstur lembut dan sejuk saat dipakai di musim panas. Namun, jika dikenakan saat udara dingin, material ini diklaim cukup memberikan rasa hangat yang nyaman.

"Jadi ini adalah teknologi dari Jepang. Hampir menyerupai silk tapi lebih ramah lingkungan, dan keistimewaannya itu dia jika udara panas adem, tapi kalau dipakai saat udara dingin dia juga hangat," ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Purana Gandeng Seniman Yogyakarta Hadirkan Koleksi Busana Summer 2020.

Editor: Teta Dian Wijayanto
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved