Terkini Daerah

Sering Gagal Paham, Ternyata Ini Anjuran Diet Sehat yang Tepat Menurut Ahli Gizi

Selasa, 4 Februari 2020 18:04 WIB
TribunJakarta

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUN-VIDEO.COM - Diet biasanya identik dengan seseorang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Namun untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal, ternyata diet yang tepat bukan dengan tidak mengonsumsi makanan berat atau membatasi makanan tertentu secara berlebihan lho.

Dokter Amanda Dianky selaku Medical Scientific PT Kalbe Farma TBK menuturkan bahwa diet sehat adalah dengan mengonsumsi lima komponen makanan sehat secara seimbang dan tidak berlebihan.

Artinya, bukannya tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan tertentu seperti karbohidrat misalnya.

"Diet itu yang sehat tetap makan lima komponen makanan. Mulai dari karbohidrat, protein hewani, nabati, sayur, buah, semua tetap harus dimakan. Jangan ada satu golongan makanan tertentu yang dihilangkan. Misalnya ada yang bilang no karbo. Itu yang bikin kacau sistem metabolisme badan hingga mempengaruhi hormon," kata dr Amanda, Senin (3/2/2020).

Menurut dr. Amanda, tubuh membutuhkan asupan sumber nutrisi yang lengkap dan didapat dari berbagai sumber makanan sehat.

Jika tubuh tidak memperoleh komponen tersebut, maka efek yang terjadi adalah ketidak seimbangan hormon.

Ini kenapa seringkali orang yang diet secara berlebihan dan tidak tepat mengalami gangguan hormonal seperti jadwal haid yang tidak teratur pada wanita.

"Banyak yang benar-benar sampai ngedrop terus akhirnya haidnya mundur, bahkan yang gak dapat haid sama sekali juga ada karena diet yang salah. Ini karena keseimbangan hormonnya terganggu akibat ia salah mengatur komposisi makanan," pungkas dia.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Sering Gagal Paham, Ternyata Ini Anjuran Diet Sehat yang Tepat Menurut Ahli Gizi.

Editor: Teta Dian Wijayanto
Video Production: Bayu Romadi
Sumber: TribunJakarta
Tags
   #diet alami   #Tips Diet Sehat   #Diet Sehat   #diet
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved