Viral of The Day

VIRAL HARI INI: Video Diduga Anggota Kokam Bawa Senjata Laras Panjang, Ini Faktanya

Selasa, 21 Januari 2020 22:04 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Video yang memperlihatkan diduga organisasi masyarakat ( ormas) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah ( Kokam) disebut mirip Kopassus dan membawa senjata viral di media sosial Twitter pada Jumat (18/1/2020).

Adapun unggahan video tersebut diunggah oleh pengguna Twitter @digeeembok.

Hingga Sabtu (18/1/2020) pukul 09.00 WIB, unggahan tersebut sudah di retweet lebih dari 1.000 kali dan disukai lebih dari 2.000 kali.

Dalam unggahannya, dituliskan "Izin lapor Pak @penkopassus. Kok ada ormas yg seragamnya mirip kesatuan bapak. Padahal ormas tsb namanya Kokam pak. Nih mantan ketuanya @Dahnilanzar Terima kasih pak".

Melalui surat edaran dari Badan Pelaksana Operasional (BPO) Kokam Nasional yang dikirimkan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Sunanto kepada Kompas.com, dijelaskan bahwa orang-orang yang mengenakan seragam layaknya seragam Kokam adalah salah.

"Berkaitan dengan video tersebut, BPO Kokam Nasional menjelaskan bahwa yang mengenakan seragam tersebut bukan anggota Kokam," tulis surat edaran tersebut seperti rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Dalam rilisnya, Komandan Nasional KOKAM PP Muhammadiyah, Zainuddin menegaskan BPO Kokam Nasional tidak pernah melibatkan anggota Kokam dalam konflik bersenjata atau bersinggungan dengan kelompok separatis.

"Kokam bekerja dalam urusan kemanusiaan, kebencanaan dan ekologi," kata dia.

Lebih lanjut, dalam surat tersebut juga dituliskan bahwa BPO Kokam Nasional menyayangkan penggunaan seragam mirip Kokam seperti yang tampak dalam video tersebut.

Hal tersebut dikarenakan tidak sesuai dengan karakter Kokam, dan anggota Kokam tentu tidak menggunakan senjata api dalam setiap tugasnya.

Pakaian Dinas Siaga

Kemudian, untuk mengantisipasi peredaran seragam mirip Kokam tersebut, BPO Kokam Nasional ke depan akan lebih selektif dalam mengedarkan seragam Kokam.

"Terutama seragam PDS (Pakaian Dinas Siaga)," kata dia.

Tak hanya itu, BPO Kokam Nasional juga mempunyai agenda sosialisasi corak baju Kokam atau PDS yang sesuai dengan aturan Kokam (5 warna).

"Kami akan mengatur peredaran baju Kokam lebih ketat lagi," imbuh dia.

Sebelumnya, Sunanto mengaku masih melacak kebenaran dari video tersebut. Sejauh ini, pihaknya juga belum mendapatkan laporan terkait video tersebut.

"Kami masih melacak apa benar dalam video tersebut Kokam atau bukan," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (18/1/2020).

Sejauh ini, Kompas.com pun masih berupaya menelusuri lebih jauh terkait informasi video yang viral di media sosial tersebut.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Viral Video Diduga Ormas Tenteng Senjata, Ini Penjelasan Kokam

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved