Terkini Daerah

Imigrasi Depok Kembali Tangkap WNA yang Minta Sumbangan ke Masjid, Miliki Izin Tinggal Untuk Bisnis

Sabtu, 28 Desember 2019 23:40 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUN-VIDEO.COM, CILODONG - Petugas Kantor Imigrasi Kelas II B Nonton TPI Kota Depok kembali mengamankan dua orang warga negara asing (WNA) Pakistan yang meminta sumbangan di Kota Depok.

Keduanya adalah FG dan MAG, dan diamankan petugas ketika meminta sumbangan di sebuah Masjid yang ada di kawasan Jalan Margonda, Beji, Kota Depok.

Kasubsi Intelijen Kantor Imigrasi Kelas II B Non TPI Kota Depok Mas Joko Ardianto Wibowo mengatakan, kedua WNA tersebut memiliki izin tinggal untuk berbisnis di Indonesia.

Namun, izin tersebut malah disalahgunakan keduanya dengan meminta sumbangan dari masjid ke masjid hingga pemukiman warga.

"Kegiatan kedua orang asing tersebut adalah mengumpulkan uang untuk dikirimkan ke suatu lembaga di Pakistan bernama Madirsa Arabia Madnia Jamia Masjid Roshni," kata Mas Joko di Kantor Imigrasi Depok, Cilodong, Jumat (27/12/2019) malam.

Lanjut Mas Joko, izin tinggal ke-dua WNA ini dijamin oleh PT GTI, yang disinyalir bahwa PT tersebut mendatangkan orang asing tanpa tujuan yang jelas.

"Saat kami tanya siapa yang menjamin keberadaannya mereka menjawab tidak mengetahuinya, disinyalir bahwa PT ini mendatangkan orang asing tanpa tujuan yang tidak jelas," bebernya.

Terakhir, Mas Joko berujar pihaknya mengimbau masyarakat umum dan juga khususnya dewan kemakmuran masjid (DKM) agar lebih waspada terhadap segala jenis permintaan sumbangan.

"Kami menghimbau masyarakat khususnya dewan kemakmuran masjid di wilayah Kota Depok agar lebih waspada dan memperhatikan jenis-jenis pemungutan seperti ini, dan segera laporkan apabila menemukan kasus serupa," pungkasnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Pakai Izin Bisnis, WNA Pakistan Minta Sumbangan ke Masjid Hingga Permukiman Warga

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Bayu Romadi
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved