HOT TOPIC

HOT TOPIC - Penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton di Pesawat Garuda Indonesia

Senin, 9 Desember 2019 11:08 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Terbongkarnya kasus penyelundupan Harley Davidson dan dua sepeda Brompton berakibat Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara dicopot dari jabatannya oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Kasus penyelundupan ini juga sudah dibenarkan oleh Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan.

Pesawat Airbus A330-900 milik Garuda Indonesia tiba pada Minggu (17/11/2019) dari pabrik Airbus di Perancis, lalu dilakukan Plane Zoeking oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Setelah itu, dilakukan pengecekan pada lumbung pesawat dan ditemukan 18 koli bagasi, 15 bagiannya berisi onderdil motor Harley Davidson atas nama SAW.

Tiga kotak lainnya berisi dua sepeda merek Brompton dengan kondisi baru lengkap dengan aksesorisnya.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan , impor barang bekas diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 76 Tahun 2019 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB).

Motor gede tersebut tidak termasuk dalam daftat BMTB yang diizinkan untuk diimpor oleh pemerintah.

Ari juga kedapatan melakukan transfer dana ke rekening pribadi finance manager Garuda Indonesia berinisial IJ di Amsterdam.

Satu di antaranya adalah Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG) Bintang Hardiono, APG akan mendukung seluruh langkah pemerintah dalam menegakkan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Ia mendukung pencopotan Ari Ashkara.

Luhut juga mengatakan, penyelundupan yang dilakukan oleh orang nomor 1 di GI tersebut bisa mencoreng nama Indonesia di mata investor.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana B Pramesti juga ikut berkomentar.

Ia mengatakan pencopotan Ari tidak menjadi masalah, sebab selama direktur kunci GI masih ada maka operasional GI masih bisa berjalan.

Kasus ini tengah diselidiki oleh pihak Bea dan Cukai untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat di dalam kasus penyelundupan tersebut.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, satu penumpang dalam pesawat yang berinisial SAS mengaku barang tersebut dibeli melalui akun e-bay.

Sayangnya saat dilakukan pemeriksaan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tidak menemukan kontak penjual.

Sedangkan Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan pemilik motor dan sepeda tersebut merupakan karyawan on board dalam penerbangan Perancis ke Indonesia.

Pada Kamis (5/12/2019), Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Menteri BUMN, Erick Thohir mengadakan konferensi pers.

Dalam konferensi pers tersebut, Erick mengatakan akan memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia sesuai dengan prosedur.

Sementara itu, Sri Mulyani mengungkapkan potensi kerugian yang dialami oleh Indonesia.

Ia mengatakan potensi kerugiannya mencapai Rp532 juta hingga Rp1,5 miliar.

(Tribun-video.com/ Ratu Budhi Sejati)

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Ratu Budhi Sejati
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Tribun Video
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved