Metropolitan

Penyandang Disabilitas Bisa Periksa Gigi Gratis di Stasiun MRT

Kamis, 5 Desember 2019 16:22 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUN-VIDEO.COM - Memperingati hari disabilitas internasional yang jatuh pada 3 Desember 2019 kemarin, Klinikoo Dental Care, bersama PT MRT Jakarta dan This Able Enterprise menggelar kegiatan pemeriksaan gigi gratis untuk penyandang disabilitas di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta Pusat.

Dilaksanakan selama tiga hari, kegiatan pemeriksaan gigi gratis ini digelar mulai tanggal 4 hingga 6 Desember 2019 mendatang.

"Jadi rencananya kami melakukan pemeriksaan gigi gratis untuk teman disabilitas dengan total 50 orang perharinya. Hari ini, itu untuk disabilitas tunadaksa dan tuna mental. Sedangkan besok itu untuk tunarungu dan tuli, kemudian lusa untuk tunanetra," kata Tina Talisa selaku co founder Klinikoo Dental Care di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019).

Tina mengatakan, permasalahan gigi dan mulut, masih menjadi permasalahan yang cukup penting di negara Indonesia.

Berdasarkan hasil riset dasar Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya ada lebih dari setengah warga di Indonesia yang mengalami masalah gigi dan mulut.

Untuk itu, melalui program ini diharapkan masyarakat Indonesia termaksud para penyandang disabilitas bisa memperoleh pengetahuan serta layanan kesehatan dan perawatan gigi yang lebih baik.

Adapun pemeriksaan ini dilaksanakan secara terjadwal, yakni 4 Desember untuk penyandang tunadaksa dan tuna mental, 5 Desember untuk tunarungu dan tuli, serta 6 Desember untuk penyandang tunanetra.

"Data dari kementrian Kesehatan, riset kesehatan dasar tahun 2018 menunjukan bahwa 58,6 persen masyarakat Indonesia punya masalah gigi dan mulut. Karena ini kami melakukan langkah awal yang kecil untuk memberikan layanan kesehatan gigi gratis," kata dia.

Para penyandang disabilitas, dipersilahkan datang langsung ke Pintu B Stasiun MRT Bundaran HI, mulai pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Menurut Tina, bagi penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan dalam pendengaran dan pengucapan, tak perlu khawatir. Pasalnya, Klinikoo bersama dengan This Able Enterprise menyediakan jasa penerjemah bagi pasien yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi.

"Kami berterimakasih kepada This Able Enterprise karena sudah ada penerjemah juga untuk membantu interaksi dengan teman-teman tunarungu dan tuli. Selain itu, tim dokter gigi dan perawat kami juga sudah diberikan pemahaman bagaimana cara berinteraksi dengan teman-teman disabilitas," ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Penyandang Disabilitas Bisa Periksa Gigi Gratis di Stasiun MRT

Editor: Purwariyantoro
Video Production: Bayu Romadi
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved