Hoax or Fact

Hoax or Fact: Buah Semangka Disuntik Darah HIV/AIDS untuk Menghabiskan Orang Asli Papua?

Rabu, 4 Desember 2019 18:09 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COMBuah Semangka merupakan buah yang paling diminati masyarakat.

Selain rasanya yang manis dan segar, warna buahnya sangat sedap dipandang.

Tapi belakangan ini beredar kabar di media sosial bahwa buah semangka disuntik darah HIV/AIDS, bertujuan untuk menghabiskan orang asli Papua.

Kabar tersebut berawal dari unggahan sebuah akun di facebook yang bernarasikan “Demi keselematan umat, tolong sebar luaskan.Jika anda melihat buah-buahan yang di dalamnya mengandung warna merah tidak usah dimakan karena sekelompok orang menyuntik buah dengan darah yang mengandung HIV dan AIDS dengan tujuan membunuh jutaan orang di seluruh bangsa Papua”.

Pada unggahan itu juga terdapat foto-foto buah semangka disuntik dengan cairan yang berwarna merah oleh seorang laki-laki.

Setelah ditelusuri, kabar tersebut tidak benar. Gambar tangkapan layar pada unggahan akun itu diketahui diambil dari acara Buser Investigasi milik SCTV, dengan judul “Suntik Semangka Sakit.”

Video yang diunggah di Youtube itu memperlihatkan oknum pedagang sedang menyuntikan cairan berwarna merah yang diketahui cairan Wantex atau pewarna pakaian agar buah semangka terlihat segar dan matang.

Jadi, kabar mengenai semangka disuntik dengan darah HIV/AIDS tidak benar.

(Tribun-Video.com/ Falza Fuadina)

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Falza Fuadina
Video Production: Dita Dwi Puspitasari
Sumber: Tribun Video
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved