Terkini Nasional

Ini 4 Alasan Bambang Soesatyo Mundur dari Pencalonan Ketua Umum Partai Golkar, Hindari Perpecahan

Rabu, 4 Desember 2019 17:09 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Ketua MPR Bambang Soesatyo menjelaskan alasannya mundur dari pencalonan Ketua Umum Partai Golkar.

Alasan pertama adalah ia mencermati perkembangan atau situasi partai Golkar menjelang Munas yang semakin panas.

"Kemudian yang kedua, situasi nasional yang memerlukan situasi politik yang kondusif guna menjaga pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dari berbagai serangan dan ancaman ekonomi global," ungkapnya.

Poin ketiga yang menjadi pertimbangannya yaitu nasihat para senior.

Dan yang keempat adalah semangat rekonsoliasi.

"Keempat semangat rekonsoliasi yang telah kita sepakati bersama diantaa kedua tim. Saya dan Airlangga. sepakat untuk membangun rekonsoliasi untuk membangun tim Bamsoet dan Aha," ujarnya dilansir melalui YouTube Kompas TV, Selasa (3/12/2019).

Ia menjelaskan jika Partai Golkar saat ini diberi tugas oleh negara untuk membenahi dibidang ekonomi.

Bambang Soesatyo berharap Partai Golkar bisa sukses dan bisa mengatasi tantangan ekonomi kedepan.

"Tantangan ekonomi kedepan sangat berat maka perlu dikompakkan diantara kami. Inilah pengorbanan untuk menjaga keutuhan kita dan menjaga komitmen partai Golkar terhadap pemerintahan Jokowi," kata Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar.

Baca: Munas Partai Golkar, Bamsoet Undur Diri Jadi Caketum

Bambang Soesatyo menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan ketua umum Partai Golkar, Selasa (3/12/2019).

Bambang Soesatyo menyatakan mundur menjelang Musyawarah Nasional Partai Golkar yang digelar selama empat hari, 3-6 Desember 2019.

Langkah ini ditempuh oleh Bambang Soesatyo untuk menghindari perpecahan internal Partai Golkar.

Menurut Bambang Soesatyo langkah pengunduran dirinya dari pencalonan ketua umum sudah disepakati oleh kedua tim, yakni kubu pendukung Bambang Soesatyo dan kubu pendukung Airlangga Hartarto.

"Kedepannya tidak akan ada lagi kubu Bambang Soesatyo dan kubu Airlangga Hartarto, yang ada adalah pro Golkar dan proIndonesia maju," jelas Bambang Soesatyo dalam tayangan yang diunggah tvOneNews, Selasa (3/12/2019).

"Maka dengan semangat rekonsiliasi yang telah kita sepakati bersama maka demi menjaga soliditas dan demi menjaga keutuhan Partai Golkar maka saya pada sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat ketua umum Partai Golkar untuk periode 2019-2024," ujar Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Ketua Umum partai Golkar, Airlangga Hartanto memberikan komentarnya terkait pengunduran diri Bambang Soesatyo dari pencalonan ketua umum Partai Golkar, Selasa (3/12/2019).

Menurut Airlangga dengan mundurnya Bambang Soesatyo adalah bukti Munas Partai Golkar mempersatukan.

"Alhamdulillah dengan statement tadi dari pak Bambang Soesatyo maka munas ini mempersatukan kita," ujarnya dilansir melalui YouTube tvOneNews, Selasa (3/12/2019).

(Tribunnews.com / Faisal Mohay)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Inilah 4 Alasan Bambang Soesatyo Mundur dari Pencalonan Ketua Umum Partai Golkar.

Editor: Teta Dian Wijayanto
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved