Ngobrol Mewah

Cara Kelola Uang dengan Gaji Sebatas UMR ala Financial Planner

Rabu, 4 Desember 2019 10:52 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Financial Planner Laili Ma'muroh memberikan tips bagaimana cara mengelola keuangan dengan gaji yang hanya sebatas UMK (Upah Mininum Kota).

Hal tersebut disampaikan oleh Laili dalam sebuah diskusi bersama dengan Tribunnews.com, Kamis (21/11/2019).

Dijelaskan oleh Laili, untuk mengelola keuangan dengan gaji terbatas, yang harus diketahui adalah berapa jumlah gaji yang diterima.

Setelah itu, yang penting juga adalah mengetahui pengeluaran wajib apa yang pasti dikeluarkan dalam setiap bulannya.

"Setiap bulan kan kita dapat income yang persis, dan kita harus tahu pengeluaran setiap bulan mendapat porsi berapa persen dari gaji yang kita terima itu," terang Laili.

Setelah mengetahui porsi tersebut, otomatis kita akan tahu presentasi dan sisa dari income atau gaji yang kita dapatkan dalam setiap bulannya.

"Kalau pengeluaran 70% dari income kita, ya berarti 30% itu masukin ke dana cadangan atau dana tak terduga," kata Laili.

Sisa 30% itulah yang kemudian akan dimasukkan ke reksa dana, obligasi atau saham.

"Tapi kalau dana itu masih diperlukan minggu depan ya sebaiknya di reksa dana pasar uang, tapi kalau buat satu tahun ke depan ya sebaiknya ya saham langsung atau reksa dana saham," jelas Laili.

Dijelaskan oleh Laili, dari awal ingin mengelola keuangan, kita harus menentukan dan memperkirakan dengan matang berapa uang yang akan disimpan dan akan dikeluarkan.

(Tribun-Video.com/Nila)

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Nila
Video Production: Aprilia Saraswati
Sumber: Tribun Video
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved