Terkini Nasional

Presiden Jokowi Jamin Pemenuhan HAM bagi Penyandang Disabilitas

Selasa, 3 Desember 2019 13:16 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - ‎Hari Disabilitas Internasional dirayakan setiap tahun pada 3 Desember.

Indonesia turut merayakan Hari Disabilitas Internasional. Tahun ini tema yang diambil ialah Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul.

Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengatakan Presiden Jokowi telah menjamin pemenuhan HAM bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

Ini didukung dengan paradigma negara terhadap warga negara penyandang disabilitas yang sudah berubah dari charity based menjadi human rights based.

"Dari sisi undang-undang dan produk aturan turunannya, sangat jelas bahwa paradigma pemenuhan HAM bagi warga negara penyandang disabilitas bukan hanya retorika," tutur Angkie, Senin (2/12/2019) di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Angkie berpendapat selama ini penyandang disabilitas sudah diberi hak dan kesempatan untuk berpartisipasi secara penuh sebagai subjek pembangunan dan menikmati hasil pembangunan.

"Misalnya saja, Kemepora atas instruksi presiden sudah memberikan bonus yang sama antara atlet penyandang disabilitas di Asian Para Games ‎dengan atlet non penyandang disabilitas di asian Games," ungkapnya. (*)

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Theresia Felisiani
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved