Tribunnews Wiki

PT Sarinah, Pusat Perdagangan Bagi Barang-barang Kerajinan Tangan Indonesia

Senin, 2 Desember 2019 16:20 WIB
TribunnewsWiki

TRIBUN-VIDEO.COM - Sarinah adalah pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta.

Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Soekarno.

Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga pencakar langit pertama di Jakarta.

Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil dan pertama digagas oleh Soekarno, menyusul lawatannya ke sejumlah negara yang sudah lebih dulu memiliki pusat belanja modern.

Hal ini juga dimaksudkan Soekarno untuk membuat pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan rakyat mendapatkan barang-barang murah tetapi dengan mutu yang bagus.

PT Sarinah (Persero) adalah BUMN terkemuka di Indonesia yang terutama dikenal melalui toko-toko ritelnya dan perannya sebagai pusat perdagangan nasional bagi barang-barang kerajinan tangan Indonesia serta produk-produk khas tanah air lainnya.

Melalui berbagai cabang-cabang ritelnya, Sarinah menjadi wadah bagi segenap pegiat industri kreatif tanah air dalam menawarkan karya-karya terbaik mereka kepada konsumen.

Dalam kurun waktu lima dekade terakhir, Sarinah telah bertransformasi menjadi layaknya tempat berbelanja wajib bagi konsumen lokal, turis asing, serta jaringan pembeli mancanegara.

Sejarah

Lika-liku Sarinah sebagai entitas usaha tak bisa dilepaskan dari fungsi strategis yang diamanatkan saat didirikan.

Sepanjang keberadaannya, komitmen Sarinah tetap melekat pada kecintaan terhadap barang produksi dalam negeri dan dukungan terhadap usaha kecil.

Mengutip kata-kata Presiden Soekarno, “Sarinah harus merupakan pusat sales promotion barang-barang produksi dalam negeri, terutama hasil pertanian dan perindustrian rakyat.” Tujuan tersebut sejatinya tak pernah dilupakan.

Di usianya kini yang lebih dari lima dekade, Sarinah telah memperluas fungsinya dan melebarkan sayap usahanya.

Adaptasi yang telah ditempuh sebagai respon terhadap perkembangan zaman diwujudkan dengan lahirnya sejumlah anak usaha dan semakin beragamnya kegiatan usaha yang diselenggarakan.

Peran aktif Sarinah sebagai mitra menjangkau pengrajin tradisional di pelosok, koperasi di berbagai desa dan kota, hingga desainer busana ternama tingkat nasional, sementara kegiatan perdagangan Sarinah telah mencakup aktivitas ekspor dan impor beragam komoditi dan mebel.

Hal ini melengkapi keberadaan gerai Sarinah yang dapat ditemukan di Jakarta, Semarang dan Malang.

Sarinah mengambil namanya dari salah seorang pengasuh Presiden Soekarno di masa kecilnya.

Kesan mendalam tentang kebesaran jiwa menjadi ilham disematkannya nama tersebut.

Bercermin dari sosok istimewa yang mampu membawa pengaruh luas tersebut, Sarinah bertekad untuk terus menjalankan misinya sebagai mitra terpercaya bagi usaha kecil sekaligus duta bagi kekayaan budaya Indonesia di dunia international melalui produk-produk yang dikembangkan dan dipasarkannya.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Peritel Terdepan Produk Unggul Bercirikan Indonesia.

Misi

Meningkatkan perdagangan produk unggulan Indonesia yang memenuhi harapan seluruh pemangku kepentingan/stakeholders
Menjadi katalis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bidang industri kreatif bercirikan budaya bangsa
Mewujudkan budaya korporasi yang unggul dan berkredibilitas tinggi
Mengoptimasi seluruh aset properti perusahaan sehingga memberikan nilai tambah yang optimal bagi perusahaan
Jaringan & Afiliasi

Posisi Sarinah sebagai pemimpin pasar di sektor ritel Indonesia didukung oleh jaringan luas dan berbagai afiliasi, termasuk di antaranya:

Hotel Sari Pacific Jakarta

Sari Valas

Perdagangan dan Distribusi

Sejalan dengan misi yang diberikan oleh para pendiri lebih dari lima puluh tahun yang lalu, Sarinah memiliki komitmen penuh untuk manjadikan dirinya sebagai wadah terdepan bagi pemasaran berbagai produk unik khas Indonesia.

Melalui kemitraan yang erat dengan para pengrajin, koperasi dan UMKM terbaik negeri ini, Sarinah telah mengembangkan portfolio produk kerajinan tangan, busana serta karya seni yang benar-benar mewakili kekayaan warisan budaya Indonesia.

Untuk memastikan koleksi tersebut mendapat ekspos yang layak didapatkannya, operasi bisnis Sarinah juga mencakup divisi khusus untuk kegiatan perdagangan yang melaluinya produk-produk seperti furnitur kayu dan kain batik berdesain indah ditawarkan ke pasar mancanegara.

Di samping mempromosikan berbagai produk Indonesia di panggung dunia, divisi perdagangan Sarinah juga memainkan peran aktif dalam memastikan ketersediaan sejumlah komoditas dan barang-barang kebutuhan pokok bagi masyarakat di seluruh nusantara.

Dengan mengandalkan jaringan pemasok di seluruh dunia, Sarinah terlibat dalam mengadakan produk-produk seperti beras khusus dan sakarin yang diimpor dari negara lain serta menyalurkannya ke pusat-pusat distribusi di seluruh Indonesia.

Properti dan Perhotelan

Properti & Perhotelan

Sebagai ikon sektor ritel modern Indonesia, Sarinah mengambil pendekatan yang melampaui sekat-sekat industri dengan menyediakan fasilitas lengkap untuk menjamin pengalaman berbelanja yang nyaman.

Pendekatan untuk menyempurnakan kepuasan konsumen diwujudkan melalui pilihan restoran dan tempat makan bagi beragam selera.

Konsumen di department store Sarinah Thamrin, contohnya, dapat memanjakan lidahnya di berbagai restoran Indonesia, baik yang menawarkan menu modern maupun tradisional.

Bagi konsumen yang ingin mendapatkan makanan cepat saji, dapat mengunjungi salah satu di antara berbagai pilihan restoran waralaba asing yang tersedia.

Peluncuran pasar kaget baru-baru ini menyediakan berbagai restoran baru berpotensi sehingga para pengunjung Sarinah yang senang mencoba hal-hal baru dapat juga menyicipi berbagai konsep kuliner kontemporer yang inovatif.

Dedikasi Sarinah dalam menciptakan pengalaman unik bagi konsumen juga merambah sektor properti, salah satunya melalui Hotel Sari Pacific.

Hotel mewah yang memiliki lokasi strategis di tengah-tengah daerah pusat bisnis utama Jakarta ini menawarkan perpaduan antara sentuhan warisan budaya Indonesia dan desain kontemporer, serta berdiri sebagai tonggak pertama dalam portofolio properti yang akan segera bertambah dengan proyek-proyek pengembangan hotel di berbagai kota lain, termasuk di antaranya Bandung.

(Tribunnewswiki.com/Putradi Pamungkas)

Artikel ini telah tayang di TribunnewsWiki dengan judul: PT Sarinah

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: TribunnewsWiki
Tags
   #PT Sarinah
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved