Respons Menpora Zainuddin Amali Sikapi Atlet SEA Games 2019 Kesulitan Makanan Halal di Filipina

Kamis, 28 November 2019 13:07 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan ketersediaan makanan halal bagi para atlet Indonesia yang berlaga dalam SEA Games 2019 di Filipina sudah diantisipasi.

""Sudah diantisipasi oleh Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019‎. Ada back up makanan. Coba bayangkan, makanan pun kita back up apalagi soal lain," kata Zainuddin Amali di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019).

Diketahui sempat terjadi peristiwa pemain timnas U-22 Indonesia tidak sengaja mengkonsumsi babi.

Hal tersebut diduga karena panitia penyelenggara SEA Games sengaja mengabaikan ketersediaan makanan halal dalam ajang olah raga bergengsi di ASEAN itu.

Amali melanjutkan hingga Selasa (26/11/2019) kemarin, pihaknya belum mendapat laporan ada atlet Indonesia yang mendapatkan layanan buruk seperti tidur di lantai hingga keluhan infrastruktur dan akomodasi.

"Atlet kita InsyaAllah enggak. Semalam saat pertandingan, saya dilaporkan oleh teman-teman PSSI, so far tidak ada masalah. Soal alat kita ada yang terlambat itu sesuatu yang biasa. Kontingen kita yang sudah berangkat belum mengalami apa-apa," katanya.

Untuk diketahui sejumlah keluhan terhadap kinerja panitia SEA Games banyak dialami para atlet hingga awak media.

Beredarnya foto kondisi ruang konferensi pers cabang olahraga sepak bola yang memprihatinkan jadi puncak yang membuat Filipina menjadi perbincangan di media sosial.

Tagar #SEAGamesFail bahkan sempat menampati urutan teratas trending topic Twitter hingga Selasa (26/11/2019) pagi kemarin.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Theresia Felisiani
Videografer: Theresia Felisiani
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #Zainuddin Amali   #SEA Games   #Filipina
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved