Terkini Daerah

Viral Guru Panjat Tiang Bendera yang Talinya Putus saat Upacara Merasa Kasihan Para Murid Kepanasan

Selasa, 26 November 2019 21:37 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUN-VIDEO.COM, CILODONG - Aksi Ahmad Zaenuddin Wali Kelas 6A SDN Kalibaru 3 memanjat tiang bendera saat upacara peringatan Hari Guru 2019 menuai banyak pujian dan menjadi viral di sosial media.

Tak sedikit, warganet yang menyanjung aksi heroik Ahmad tersebut pada kolom komentar berbagai akun penyaji informasi di Kota Depok dalam sosial media instagram.

"Guru the best itu pak Ahmad," tulis akun @rimatiaratista pada kolom komentar postingan aksi tersebut di akun Instagram @infodepok-id.

Bahkan, tak sedikit warganet yang mengaitkan aksi tersebut dengan reward yang dianggap pantas diterima oleh Ahmad.

Namun, Ahmad mengatakan dirinya sama sekali tak berharap imbalan apapun atas aksinya tersebut.

"Gak lah saya benar-benar gak mau dapat ini atau dapat itu dari aksi yang kemarin, itu saya lakukan secara spontan dan inisiatif sendiri tanpa ada yang menyuruh," ujar Ahmad di SDN Kalibaru 3, Cilodong, Kota Depok, Selasa (26/11/2019).

Ahmad menuturkan, dirinya hanya berusaha memperbaiki tali bendera yang tersangkut dan terputus ketika upacara peringatan Hari Guru 2019 berlangsung.

Baca: Viral Video Siswa di Bojonegoro Panjat Tiang Bendera saat Upacara Hari Guru, Ini Sosoknya

Ia mengatakan, apabila tidak langsung diperbaiki maka akan berimbas pada anak muridnya yang mulai kelelahan dan kepanasan, lantaran matahari cukup terik ketika itu

"Kalau gak segera diperbaiki kasihan anak murid kepanasan kelelahan, kalau nunggu pakai tangga atau tiangnya diturunkan dulu kan pasti makan waktu lama logikanya," jelasnya.

Terakhir, Ahmad berujar bahwa dirinya pun tak tahu menahu bahwa akinya tersebut viral.

"Saya juga gak tahu kenapa bisa viral, yang foto saya pas manjat juga saya gak tahu siapa mas," ucapnya tersenyum lebar.

Penjelasan Guru di Depok Viral Panjat Tiang Bendera: Kasihan Murid Kepanasan Nunggu Lama

Tanpa pikir panjang, Ahmad Zaenuddin (38) langsung memanjat tiang bendera saat terjadi masalah pada pelaksaan upacara Hari Guru 2019 di SDN Kalibaru 3, Cilodong, Kota Depok.

Hal tersebut ia lakukan secara spontan, lantaran tali untuk menaikan bendera tersebut tersangkut dan putus ketika upacara berlangsung.

Kepada TribunJakarta.com, Ahmad menjelaskan bahwa hal tersebut ia lakukan karena kasihan kepada para anak muridnya.

"Kejadian itu pukul 07.15 WIB, matahari sudah cukup terik. Kasihan anak murid kepanasan nunggu lama kalau benerin talinya pakai tangga atau tiangnya diturunin dulu kan," ujar Ahmad di SDN Kalibaru 3, Selasa (26/11/2019).

Lanjut Ahmad, ketika itu kondisinya pun upacara Hari Guru 2019 tengah berlangsung hikmat.

"Itu lagi berlangsung hikmat, semua peserta upacara sudah hormat. Kebetulan saya juga jadi pemimpin upacara," paparnya.

Ahmad mengatakan, kondisi anak murid yang kepanasan dan mulai kelelahan pun membuatnya inisiatif secara spontak memperbaiki tali bendera tersebut.

"Iya kasihan kan sudah pada kelelahan, kepanasan, terutama murid kelas satu dan dua. Kalau murid kelas enam mungkin sudah kuat ya," pungkasnya.

Aksi Heroik Panjat Tiang Bendera Viral, Guru Ahmad: Sebenarnya Saya Dua Kali Manjat

Nama Ahmad Zaenuddin (38) menjadi viral dan ramai diperbincangkan, usai aksinya memanjat tiang bendera di SDN Kalibaru 3 saat upacara Hari Guru 2019 berlangsung Senin (25/11/2019) kemarin.

Diwartakan sebelumnya, aksi tersebut dilakukan Ahmad lantaran tali untuk mengibarkan sang saka merah putih terputus ketika dinaikkan.

Dijumpai TribunJakarta.com usai jam pelajaran, Ahmad menjelaskan bahwa peristiwa tali tiang bendera tersebut putus sudah dua kali terjadi.

"Sebenarnya dua kali putusnya, yang pertama sebelum upacara pas gladi resik. Jadi pas gladi itu tersangkut dan putus, itu kondisinya bendera belum dinaikan," ujar Ahmadi di SDN Kalibaru 3, Selasa (26/11/2019).

Lanjut Ahmad, meski telah dilalukan perbaikan, nyatanya tali tersebut kembali putus ketika upacara berlangsung.

"Pas gladi kejadian, sudah diperbaiki itu. Lanjut upacara ternyata bermasalah lagi talinya, sampai akhirnya saya panjat lagi tiang benderanya untuk yang ke-dua kalinya," tambah Ahmad.

Ahmad mengatakan, dirinya sama sekali tak berniat untuk menjadi viral di sosial media seperti yang terjadi saat ini.

"Benar-benar itu saya lakukan tanpa ada niatan mau viral atau apalah ya, saya cuma inisiatif karena kalau menunggu untuk mengambil tangga atau tiangnya diturunkan dulu, pasti akan memakan waktu lama kan logikanya," tuturnya.

Untuk diketahui, aksi Ahmad memanjat tiang bendera tersebut menjadi viral disosial usai diposting oleh akun instagram penyaji informasi di Kota Depok @infodepok_id.

Hingga saat ini, postingan tersebut telah mendapat lebih dari delapan ribu likes dan menuai lebih dari 350 komentar warganet.

"Guru the best itu pak Ahmad," tulis akun @rimatiaratista diakhiri dengan lambang hati berwarna merah pada kolom komentar postingan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Aksinya Viral dan Tuai Pujian Setelah Panjat Tiang Bendera, Guru Ahmad Tak Harapkan Imbalan.

Editor: Teta Dian Wijayanto
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved