Terkini Metropolitan

Viral Air Terjun Dadakan di Tol Becakayu, Bahaya Buat Pengendara yang Melintas Jalur Kalimalang

Jumat, 22 November 2019 21:29 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUN-VIDEO.COM, BEKASI BARAT - Fenomena air terjun dadakan yang turun dari atas konstruksi Tol Becakayu Kalimalang Kota Bekasi sempat menghebohkan masayarakat setelah viral di media sosial.

Kejadian tersebut terjadi pada, Kamis, (21/11/2019) kemarin, ketika hujan deras melanda wilayah setempat.

Muhammad Toha (54), juru parkir toko bangunan yang berada di deket lokasi kejadian, mengaku melihat langsung fenomen langka tersebut.

Dia mengakatakan, kejadian air terjun dadakan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB berbarengan dengan hujan lebat.

"Setengah 5 hujan deras, kurang lebih setengah jam itu kenceng banget campur petir, angin segala macemlah, jadi itu air kaya air terjun tuh," kata Toha kepada TribunJakarta.com, Jumat, (22/11/2019).

Air terjun dadakan itu terjadi cukup singkat, setelah hujan deras berhenti, fenomena unik itu juga ikut berhenti. Namun, selama kemunculannya air terjun dari atas Tol Becakayu, sejumlah pengedara banyak yang memilih menepi atau memilih lajur melintas.

"Dampaknya banyak, ada yang mogok ada yang istilahnya mobil milih-milih jalan kan takut kena itu air terjun, gede baget pokoknya," ungkap Toha.

Menurut Toha, kemunculan air terjun dadakan baru pertama dia lihat secara langsung, sebelumnya, air dari atas konstruksi Tol Becakayu hanya mengucur dengan intensitas kecil.

"Saya baru liat kemarin aja, mungkin kaya gitu juga cuma mungkin malem saya enggak liat yang saya liat baru kemarin aja yang deras gitu," jelas dia.

Selain itu, pada badan Jalan KH. Noer Ali Kalimalang yang berada di bawah Tol Becakayu tepat di lokasi air terjun dadakan juga terjadi genangan air sekitar 50 sentimeter.

Namun, genangan itu cepat surut tidak lama setelah hujan berhenti.

"Langsung surut sih kemarin, cuma karena ada air tejun aja kemarin sempet ramai banyak yang nonton juga warga pada berenti liar air terjun," ujarnya.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi kemubculan air terjun dadakan, nampak sejumlah pekerja tengah memasang pipa untuk saluran air di titik terjadinya air terjun.

Pada titik itu, konstriksi beton jalan Tol Becakayu memang belum sepenuh rampung, terdapat celah yang dari rangka besi beton yang masih terlihat.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur wilayah Bekasi dan sekitarnya menguat sejumlah ruas jalan mengalami genangan. Salah satunya di Jalan Raya KH. Noer Ali Kalimalang, Kota Bekasi, Kamis, (21/11/2019).

Uniknya lagi, tidak hanya genangan, terdapat air mancur dadakan yang turun dari atas konstruksi Tol Becakayu. Mome unik itu direkam sejumlah warga ketika air turun cukup deras dari atas ke bawah laiknya air terjun di sebuah curug alam.

Akun istagram @ditemeita22 mengunggah detik-detik air terjun dadakan itu muncul, dari keterangan komentar, ia menulis bahwa fenomena itu muncul akibat konstruksi Tol Becakayu yang belum rampung dimana, belum dilengkapinya tandon saluran air.

"Jalan tol atasnya belum selesai dibeton, tadi sore Kalimalang arah Galaxy (dekat pertigaan arah mau ke Kranji)," tulis @ditameita22 dalam kolom komentar.

Hal yang sama juga diungkapkan Setti Damayanti (25), dia mengaku sempat melihat langsung fenomena air terjun dadakan tersebut. Ketika itu, ia baru saja melintas dari arah Jakarta menuju Bekasi.

Tepat di depan Toko Bangunan Mitra 10 Kalimalang, air dengan debit cukup lebar turun laiknya air terjun dari atas konstruksi Tol Becakayu. Kondisi jalan ketika itu juga tergenang cukup dalam hingga menyulitkan pengendara.

"Sempat liat kaya air terjun, itu pas deket Mitra 10 Kalimalang, jalanan juga banjir salurannya mampet kayanya," kata Setti kepada TribunJakarta.com.

Selain fenomena air tejun, titik lain di Kalimalang yang mengalami genangan terjadi di kolong tol JORR Kota Bintang, genangan setinggi lutut menutup badan jalan hingga membuat sejumlah kendaraan mogok usai menerjang air.

etti mengaku sempat tertahan perjalanannya saat motor yang ia kendarai mogok. Warga Bekasi Jaya yang setiap hari melintas di jalur Kalimalang ini terpaksa menepi sejenak untuk mengeringkan mesin motor yang basah terendam air.

"Soalnya enggak tahu bakal sedalam itu banjirnya, ada sekitar sedengkul (lutut orang dewasa)," ungkap Setti. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Viral Air Terjun Dadakan di Tol Becakayu, Bahaya Buat Pengendara yang Melintas Jalur Kalimalang

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved