Terkini Daerah

Jalan Setapak Berliku Menuju Kediaman Pembuat Helikopter di Sukabumi

Rabu, 20 November 2019 21:56 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUN-VIDEO.COM, SUKABUMI - Jalan setapak yang berliku dan hanya bisa dilewati satu motor akan menghadang langkah masyarakat yang ingin menengok helikopter buatan Jujun Junaedi (42).

Jujun merupakan pria lulusan STM yang membuat helikopter di halaman rumahnya, di Kampung Cibubuay, RT 3 RW 1, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tribunnews.com mencoba menilik helikopter buatan Jujun di kediamannya, Rabu (20/11/2019).

Setelah tiba di Desa Darmareja, terdapat satu jalan setapak yang berukuran tidak terlalu lebar. Kira-kira hanya dapat dilewati oleh satu motor atau dua orang dewasa yang berjalan berdampingan.

Awalnya, terdapat jalan setapak yang menurun. Ujung jari kaki terasa sedikit berat lantaran harus menahan berat tubuh yang miring akibat curamnya jalan.

Sawah, ladang, dan pepohonan rimbun menjadi pemandangan di jalanan tersebut ketika menengok ke kiri dan kanan. Suara serangga yang tampak bersahutan seolah menjadi latar musik selama perjalanan.

Tak lama, terdapat jembatan di atas sungai yang tampak tak begitu melimpah airnya. Jembatan ini terlindungi dari sinar terik matahari karena 'dipayungi' oleh pepohonan. Selepasnya, tanjakan menanti Tribunnews.com.

Tanjakan yang berlangsung selama sekira 2-3 menit tersebut cukup membuat nafas tersengal-sengal. Tempurung lutut mulai terasa nyeri. Keringat mulai mengucur deras.

Nafas kembali bisa diatur setelah mencapai PAUD Kelompok Bermain Al-Ikhlas. Jalan di area tersebut tidaklah menanjak lagi. Namun, hingga titik itu Tribunnews.com baru menyelesaikan setengah perjalanan.

Setelahnya, kita hanya perlu mengikuti jalanan yang terlihat tidak rata, karena bekas cor-an yang telah rusak. Beberapa kali terlihat rumah warga di sekitar jalan setapak tersebut.

Meski tak banyak, tapi tetap ada warga yang melintas secara berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua.

Kurang lebih 15 menit kemudian, barulah Tribunnews.com tiba di kediaman Jujun.

Perjalanan dapat ditempuh dengan lebih singkat jika menggunakan sepeda motor. Waktu tempuh hanya akan menjadi 4-5 menit.

Saat meninggalkan lokasi, Tribunnews.com sempat mencoba menggunakan motor matic. Namun, bersiaplah untuk merasakan sensasi off-road. Pantat akan terasa pegal menghadapi jalanan yang tak rata.

Belum lagi, apabila berpapasan dengan motor lain. Mau tak mau harus ada salah satu motor yang mengalah untuk memiringkan kendaraannya ke arah sawah.

Diketahui, Jujun Junaedi (42), seorang pembuat helikopter di Sukabumi, Jawa Barat, viral di media massa. Bahkan karyanya membuat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berkunjung melihat helikopter tersebut, Selasa (19/11).(*)

 
Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Vincentius Jyestha Candraditya
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved