Terkini Nasional

Belajar Banyak Hal dari Tembok tembok di Pademangan Timur Jakarta Utara

Sabtu, 9 November 2019 22:54 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUN-VIDEO.COM, PADEMANGAN - Mural-mural bertema pendidikan sepekan belakangan mengisi kosongnya tembok-tembok di Jalan Pademangan 2, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara.

Terdapat dua lokasi di Jalan Pademangan 2 yang temboknya mulai terhias dengan mural. Lokasi pertama berada di Jalan Pademangan 2 RT 13 RW 003, tepatnya di tembok sisi kanan SDN Pademangan Timur 01 Lokasi kedua berada di RT 001 RW 002.

Mural-mural ini menjadi semacam tempat belajar pendidikan dasar yang sangat mudah diakses warga setempat.

Seminggu ke belakang, Kiming dan Tim Mural Pademangan Timur telah berjasa menciptakan sumber ilmu pengetahuan lewat goresan kuas-kuas mereka di tembok Pademangan Timur.

Berbekal arahan dari pihak Kelurahan Pademangan Timur, Kiming dan tim mulai mencari desain-desain yang kira-kira bisa digambar di tembok dan bisa menarik minat siapa saja yang melewatinya.

Hasilnya, delapan mural edukasi di tembok SDN Pademangan Timur 01 tak lepas dari perhatian siapapun yang melintas sore ini.

Pengamatan TribunJakarta.com selama satu jam lebih dari dekat tembok, siapapun yang lewat memalingkan mata mereka untuk melihat mural yang tergambar.

Beberapa pelajar yang lewat juga sempat memperhatikan mural-mural yang ada. Ada yang memperhatikan mural bergambar sistem tata surya, dimana planet-planet berotasi.

Ada juga yang melihat-lihat daftar rambu-rambu lalu lintas yang digambar lengkap dalam simbol dan tulisan. Yang lain melewati mural berisi huruf hijaiyah sambil menerka-nerka bagaimana menyebutkan huruf demi huruf.

Beberapa juga mengamati mural bergambar peta Indonesia, mengingat-ingat bentuk pulau dari Sabang sampai Merauke.

Sementara sore tadi, Kiming dan satu rekannya masih menyelesaikan mural berisi daftar hitung-hitungan dasar dari 1-10.

Memegang kuas berlumuran cat air warna putih, ia masih berkutat dengan mural perhitungan.

"Ini kita buat edukasi untuk anak sekolah di sini. Jadi kita temanya pelajaran. Ada perkalian, pertambahan, berhitung. Ada sistem tata surya juga. Ini sudah seminggu ini dijalankan," kata Kiming saat ditemui Tribun Jakarta.com, Jumat (8/11/2019) sore.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Belajar Banyak Hal dari Tembok-tembok di Pademangan Timur Jakarta Utara

ARTIKEL POPULER:

Baca: William Sarana Petisi Anies unggah Rancangan Anggaran DKI Jakarta 2020

Baca: Pertanyaan PSI mengenai Anggaran dan Keuntungan Gelaran Formula E di Jakarta

Baca: Anies Baswedan Hadiri Kongres Partai Nasdem Sebagai Gubernur DKI Jakarta

TONTON JUGA:

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Bayu Romadi
Sumber: TribunJakarta
Tags
   #Pademangan   #Jakarta Utara
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved