Terkini Nasional

Bahas BPJS, Menkes Terawan Rapat di DPR hingga Dini Hari Lanjut Melapor ke Jokowi

Sabtu, 9 November 2019 18:52 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Minggu ini menjadi minggu yang panjang dan melelahkan bagi Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. ‎Mengapa?

Ini karena Rapat dengar pendapat antara Kementerian Kesehatan dan Komisi IX DPR yang dihadiri Terawan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Kepala BKKBN, Kepala BPOM hingga ketua DJSN selama 13 jam pada Rabu (6/11/2019) kemarin tidak menghasilkan keputusan.

Sampai akhirnya, dewan mengambil langkah rapat dilanjutkan pada Kamis (7/11/2019) esok harinya.

Di awal, Menkes Terawan mengaku tidak bisa hadir karena harus mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sementara para dewan tetap ingin rapat dilanjutkan Kamis (7/11/2019) dan wajib dihadiri Terawan karena‎ pihak pemerintah belum menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan.

Akhirnya dipilih win-win solution. Terawan tetap menjalankan kewajiban mendampingi kunjungan kerja Wapres dan malam harinya pukul 19.00 WIB usai kunjungan kerja, Terawan kembali rapat dengan Komisi IX di DPR.

Kamis (7/11/2019) pagi, ‎Terawan mendampingi Wapres Ma'ruf Amin ke Magelang, Jawa Tengah meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon.

RSU Syubbanul Wathon adalah rumah sakit kemitraan PBNU, Yayasan Syubbanul Wathon dan Lippo Group yang terletak di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Sekembalinya dari kunjungan kerja, Terawan langsung menghadiri rapat antara komisi IX bersama BPJS Kesehatan. Rapat ini baru berakhir Jumat (8/11/2019) pukul 02.22 WIB.

Rapat untuk membahas kenaikan iuran asuransi dan masalah gagal bayar BPJS Kesehatan berlangsung nyaris 8 jam.

Jumat (8/11/2019) pukul 13.30 WIB, Terawan muncul di Istana Negara. Rupanya dia ikut menghadiri penerimaan gelar pahlawan nasional dalam rangka acara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019. Di moment ini, Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional pada enam tokoh.

Seusai acara berlangsung, rupanya Terawan langsung menghadap Presiden Jokowi. ‎Di saat seluruh menteri, wamen hingga perwakilan keluarga peraih gelar pahlawan nasional sudah meninggalkan Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Terawan masih berada di dalam‎ istana.

Jelang sore hari, barulah Terawan keluar dari istana. Dia tetap melempar senyum pada awak media yang menunggunya sambil berjalan tergesa-gesa menuju mobil dinas didampingi satu ajudan berkemeja batik lengan panjang.

Pada awak media, Terawan mengaku akan tetap ‎mendorong adanya pemberian subsidi kepada peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kelas III.

Terawan optimis hal ini bisa segera dituntaskan dalam waktu dekat meski dia harus bekerja hilir mudik ke beberapa kementerian hingga melapor langsung ke Presiden Jokowi.

"Iya dong (disubsidi), Itu kemauan dan keinginan kita semua, coba yah saya tak kerjakan, katanya suruh cepet-cepet," singkat Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Seperti diketahui Terawan menginginkan iuran BPJS Kesehatan kelas III tetap Rp25.500 per peserta per bulan. Setelah Presiden Jokowi meneken Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 yang mengatur kenaikan iuran BPJS Kesehatan, peserta kelas III akan membayar iuran Rp42 per bulan mulai Januari 2020.

Terawan menuturkan subsidi yang diberikan pemerintah ini untuk menutupi selisih iuran Rp25.500 per peserta per bulan terhadap perubahan iuran.

"Ya jelas ini karena saya cinta rakyat. Doain yo, ini mau ke Setneg lalu ke kementerian lain," tegas mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto.

Sambari masuk ke dalam mobil dinasnya, Terawan mengaku akan segera bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dam Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi membahas rencana subsidi iuran BPJS Kesehatan kelas III.

"Saya yang road show dulu. Saya kerja malam sampai dini hari. Bagaimana pun saya ingin menyelesaikan yang terbaik," imbuhnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bahas BPJS, Menkes Terawan Rapat di DPR hingga Dini Hari Lanjut Melapor ke Jokowi

ARTIKEL POPULER:

Baca: Iuran BPJS Naik, Sejumlah Warga Mulai Turunkan Kelas Layanan

Baca: Dokter Terawan Serahkan Gaji Pertama ke BPJS

Baca: Tak Hanya Iuran BPJS yang akan Naik, Sejumlah Tarif Ini juga Melambung di 2020, Cek Daftarnya

  

TONTON JUGA:

Editor: Purwariyantoro
Video Production: Aditya Wisnu Wardana
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved