Terkini Nasional

Anies Baswedan Akui Dekat dengan Surya Paloh sebelum Kongres Nasdem

Sabtu, 9 November 2019 19:25 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Anies Baswedan mengaku mempunyai hubungan dekat dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebelum dirinya diundang di kongres kedua Nasdem, Jumat (8/11/2019) di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Kedekatan keduanya berawal ketika Anies mengelola salah satu program di Metro TV milik Surya Paloh.

Tak heran jika dalam sambutannya, Anies kerap memanggil Surya Paloh dengan sapaan 'Bang Surya'.

Sama halnya dengan Anies, Surya Paloh juga memanggil Anies dengan sebutan adik.

"Dengan Bang Surya itu saya memang dekat. Saya pernah mengelola program di Metro TV, namanya Save Our Nation. Waktu itu di Metro TV tahun 2010-an kira-kira," ujar Anies, dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, hubungannya dengan Surya Paloh tetap berjalan baik dan mengungkap jika banyak politisi Nasdem yang merupakan temannya.

"Memang selama ini pun juga berhubungan baik terus dengan Bang Surya," katanya.

Mengingat dekatnya hubungan Anies dengan Partai Nasdem, menjadikan alasan bagi Anies untuk menghadiri kongres kedua Nasdem itu.

"Jadi saya ketika diundang pertama kali, saya sampaikan Insya Allah siap sebagai tuan rumah di Jakarta, setiap kali ada kongres-kongres, munas (musyawarah nasional), saya juga sering hadir dan kali ini mengucapkan selamat datang," ucap Anies.

Saat Kongres, Anies bicara mengenai persatuan dan keberagaman Indonesia yang dicontohkan oleh Partai Nasdem.

"Bang Surya Paloh beberapa waktu ini memberikan contoh kita berada dalam demokrasi, dan dalam demokrasi ada perbedaan, ada pandangan yang amat berbeda," ujar Anies, melihat tayangan YouTube KOMPASTV, Jumat (8/11/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengawali dengan memberi ucapan selamat datang kepada keluarga besar Partai Nasdem.

Dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (8/11/2019), Anies Baswedan juga menyampaikan mengenai persoalan dan ketimpangan yang terjadi di Indonesia.

Ia berharap Partai Nasdem bisa menghadirkan keadilan untuk Indonesia.

"Bapak Ibu sekalian, Bang Surya yang saya hormati. Salah satu masalah yang kami rasakan dan ini adalah masalah yang dialami di seluruh Indonesia, ada ketimpangan yang luar biasa," ujar Anies.

Sebelumnya Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, Anies diundang ke Kongres Nasdem selaku gubernur DKI Jakarta dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres.

Anies dinilai sebagai 'orang dalam' Partai Nasdem yang sudah tidak asing lagi.

"Anies itu pembaca manifesto Nasional Demokrat (saat Nasdem masih menjadi ormas). Anies bukan orang asing, Anies itu orang dalam di Nasdem," kata Willy, dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Sebelum mengundang Anies dalam Kongres kedua partainya itu, Surya Paloh sudah bertemu dengan Anies pada 24 Juni 2019 di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta.

Surya mengatakan pertemuan tersebut merupakan pertemuan keluarga besar antara kakak dan adik.

"Kita dapat tamu khusus Nasdem hari ini tapi bukan sebagai pribadi ya, tentu representasi tetap sebagai keluarga besar di Nasdem," kata Surya saat itu.

Surya Paloh pernah mengungkapkan bahwa karier politik Anies sebenarnya berangkat dari Partai Nasdem.

"Pak Anies Baswedan rumahnya memang dari sini berangkatnya, ketika kita sudah bertugas cukup lama barang kali karena waktu yang memungkinkan, hari ini kita dipertemukan, kunjungan adik ke kakak," kata Surya saat itu.

(Tribunnews.com/Nuryanti) (Kompas.com/Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Anies Baswedan Mengaku Punya Hubungan Dekat dengan Surya Paloh Sebelum Hadiri Kongres Ke-2 Nasdem

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Wening Cahya Mahardika
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved