Terkini Nasional

Pesan Guruh Soekarnoputra ke Wishnutama: Tonjolkan Kembali Kearifan Lokal Bali

Sabtu, 9 November 2019 10:50 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Anggota Komisi X DPR, Guruh Soekarnoputra mengarahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio untuk kembali tonjolkan kearifan lokal Bali.

Hal tersebut dilakukan dalam rapat kerja perdana menparekraf dengan Komisi X DPR RI di kompleks DPR, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Menurut Guruh Soekarnoputra, keindahan serta kebudayaan Pulau Dewata Bali mulai luntur karena kebebasan wisatawan asing datang dari berbagai penjuru dunia.

“Saya melihat dulu masih kecil tahun 50-60an, Bali itu bagaikan sosok wanita yang cantik kemudian dipaksa untuk menarik didandani sedemikiam rupa sampai akhirnya dia kewalahan. Tapi sekarang Pulau Bali tidak seperti itu,” kata Guruh

Menurutnya sejak policy yang dibuat pada zaman orde baru, Bali menjadi bebas tidak lagi cantik jelita.

“Kalau saya bilang keindahan Bali hanya tinggal 30 persen. Memang kalau kita lihat kebudayaannya masih ada seperti tariannya tetapi kalau kita melihat lebih dalam itu sudah hilang perlahan,” ucap anak bungsu mantan Presiden RI Soekarno tersebut.

Kemudian yang menjadi sorotan Guruh adalah bahasa Indonesia tidak lagi menjadi prioritas di bangsanya sendiri.

Bahkan beberapa menu makanan, penunjuk jalan, dan beberapa tayangan di televisi juga berbahasa Inggris.

“Saya rasa penggunaan bahasa asing itu seharusnya ditiadakan. Apalagi kalau Pak Jokowi maunya ada terobosan, ini harus digalakkan kerjasama dengan Kementerian Kebudayaan,” ucapnya.

Guruh juga berpesan terkait rencana pembangunan lima Bali baru yang menjadi program unggulan pemerintah Joko Widodo agar menjadi perhatian.

“Menyangkut tujuan wisata besar (Bali Baru) agar dijadikan peajaran. Saya ingin daerah yang didorong tersebut punya konsep yang jelas dipikirkan dengan matang,” pungkasnya.

Seperti diketahui mengenai pengembangan lima Bali baru yang tengah digarap di antaranya Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

ARTIKEL POPULER:

Baca: Guruh Soekarnoputra Inginkan Wishnutama Tonjolkan Kembali Kearifan Lokal Bali

Baca: Delapan Tempat Wisata di Kota Kelahiran Wishnutama, Uniknya Pasar Mama-mama dan Bukit Jokowi

Baca: 10 Prioritas Destinasi Wisata Menjadi Tugas Wishnutama

TONTON JUGA:

Editor: Teta Dian Wijayanto
Reporter: Lendy Ramadhan
Videografer: Lendy Ramadhan
Video Production: Kharis Ardiyansah
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved