Terkini Daerah

Soal Septic Tank yang Meledak di Cakung, Polisi: Itu Termasuk Kecelakaan Kerja

Rabu, 6 November 2019 13:29 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM - Lubang tangki septik di kediaman warga berinisial AS meledak dan menewaskan seorang pekerja sedot tinja berinisial SI (44) di Kapling Blok O RT 16/03, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin (4/11/2019) siang kemarin.

Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait mengatakan, ledakan di lubang tangki septik dipicu oleh api yang dimasukkan oleh SI.

Api dari koran yang dibakar itu membuat endapan gas yang tertahan di dalam tangki septik selama bertahun-tahun meledak, dan mengenai SI.

"Namanya septic tank kan mengandung gas. Jadi dia (SI) membakar koran untuk memastikan konsumen bahwa septic tank-nya sudah bersih, ya meledak, disambar sama gas," kata Tom di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/11/2019).

Tom menegaskan, tak terdapat instalasi saluran pipa gas di dalam lubang tangki septik.

Gas tersebut merupakan murni berasal dari lubang tangki septik, yang mengandung gas metana akibat hasil pembuangan kotoran tinja penghuni rumah.

Ia mengatakan, SI melakukan kecerobohan saat memasukkan koran yang disulut api ke dalam lubang tersebut.

"Dia ceroboh, pelakunya dia, korbanya dia juga. Sebenarnya termasuk kecelakaan kerja," ujarnya.

Lantaran kedua pihak keluarga sepakat berdamai, Tom menyebut SPKT Polsek Cakung tak menerima laporan atas kasus yang menewaskan SI.

Mobil tangki sedot WC yang digunakan SI dan kini diamankan di Mapolsek Cakung pun besok sudah bisa diambil pihak keluarga SI.

"Mobilnya besok sudah bisa diambil pihak keluarga. Kita sudah minta keterangan dari kernet dan pihak korban atas kejadian kemarin," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 03 Ahmad Kana Firdaus mengatakan, SI yang menyulut api untuk mengecek terkait ada tidaknya air di dalam tangki septik berukuran 2X1,5 meter tersebut.

Hal itu diketahuinya melalui AS dan kernet mobil sedot WC, TA (45) yang menemani korban saat melakukan proses penyedotan.

"Kalau menurut dia (SI) untuk meyakinkan. Kalau api nyala berarti tandanya airnya enggak ada, karena air enggak ada. Udah kering (septic tanknya). Tapi kalau api mati berarti airnya masih banyak," kata Ahmad.

(Rangga Baskoro)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Polisi Jelaskan Dugaan Penyebab Ledakan Septic Tank Di Cakung

ARTIKEL POPULER:

Baca: Penjelasan Ahli Terkait Peristiwa Septic Tank Meledak hingga Tewaskan Tukang Sedot WC

Baca: Video Detik-detik Septic Tank Meledak dan Tewaskan Petugas Sedot WC, Pemilik Rumah sampai Terlempar

Baca: Kronologi Petugas Sedot WC Tewas setelah Septic Tank Meledak, Gara-gara Hidupkan Api di Dalam Lubang

 

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: Warta Kota
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved